Hibah Empat Mobil Mewah Kepada Instansi Vertikal di Bireuen Dipertanyakan

forumkeadilan.com. Aceh – Menjelang empat hari berakhir masa jabatan sebagai Bupati Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh H. Ruslan M. Daud pada Rabu sore, (2/8) di Pendopo Bupati setempat menghibahkan empat unit mobil katagori mewah hibah kepada empat instansi vertikal di Kabupaten Bireuen.

Adapun ke empat instansi vertikal yang mendapatkan “hadiah” mobil tersebut adalah, Kapolres Bireuen, Dandim 0111/ Bireuen, Ketua Pengadilan Negeri Bireuen dan Kepala Kejaksaan Negeri Bireuen.

Empat mobil jenis Penerimaan Sport Hibah Pemkab Bireuen untuk instansi vertikal (FOTO/IST)

Mobil jenis Mitsubhisi Pajero Sport Dakar Tahun 2017 itu diberikan kepada Kapolres Bireuen, AKBP Riza Yulianto SE., SH.

Selanjutnya, Dandim 0111/Bireuen, Letkol Arm. Adekson, Ketua Pengadilan Negeri Bireuen, Fauzi SH., MH dan Kepala Kejaksaan Negeri Bireuen Mochammad Jefri SH., MH.

Tak pelak, pemberian hibah ini mengundang beragam komentar masyarakat Bireuen, masalahnya hibah itu tak terlalu urgen, di tengah kemiskinan yang melilit masyarakat kabupaten penghasil keripik pisang itu.

Salah seorang akademisi Muazzinah Yacob peda forumkeadilan.com dengan nada pedas mengatakan pemberi dan penerima sama-sama tidak tahu malu kepada masyarakat Bireuen.

“Mereka tidak tahu malu pada masyarakat Bireuen, padahal masih  banyak rakyat yang berhak sebagai penerima hibah dan sangat membutuhkan daripada lembaga vertikal tersebut,” kecam Muazzinah.

Meski demikian Bupati Ruslan berargumen bahwa hibah mobil itu atas dasar permohonan yang diajukan sebelumnya oleh instansi vertikal.

“Hibah mobil kepada instansi vertikal itu atas dasar permohonan sebelumnya, ada dasarnya dan tak melanggar aturan dan itu sudah kesepakatan bersama dan hasil pembahasan kedua belah pihak antara eksekutif dan legislatif untuk menganggarkannya dalam APBK Bireuen Tahun 2017,” ungkap Ruslan pada wartawan usai prosesi penyerahan empat unit mobil tersebut.

Sekedar informasi, adapun harga Mitsubhisi Pajero Sport Dakar 2017 adalah senilau Rp 500.852.000,  harga tersebut sesuai dengan e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Jadi totalnya  empat mobil itu Rp 2 miliar lebih.

Penelusuran media ini sebelumnya empat unit mobil mewah jenis Pajero Sport Dakar sebelum diserahkan terparkir di bagian belakang Pendopo Bupati Bireuen.

Cuma yang menimbulkan asumsi yang beragam di kalangan masyarakat Bireuen, pembagian mobil ini oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen, kenapa dilakukan diakhir masa jabatan Bupati Bireuen Ruslan M Daud. Ada apa? Entahlah. (Hamdani)