“Bang Carlos” Ungkap Sisi Positif Sepakbola

forumkeadilan.com. Aceh – Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak., MM atau yang dikenal sebagai Bang Carlos dikalangan pecinta bola di Provinsi Aceh mengungkap sisi positif dari sepakbola.

“Banyak sisi positif dari sepakbola, selain sebagai ajang silaturrahmi olahraga ini juga sangat bagus untuk kesehatan karena pemain bola pasti selalu bugar,” ujar Bang Carlos, Sabtu (12/8/2017) kemarin saat membuka secara resmi turnamen sepakbola Muspika Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh di Lapangan Sepakbola BSA Blang Cut.

Selain itu, lanjut Amin sepakbola juga dapat dimanfaatkan sebagai momentum menjalin silaturrahmi, baik sesama pemain, pengurus maupun masyarakat secara lebih luas.

“Dengan adanya turnamen seperti ini di desa-desa, kita juga bisa bersilaturrahmi dan tentunya bisa membangun komunikasi membicarakan kemajuan sepakbola dan kemajuan dibidang lainnya,” tambah Bang Carlos yang memiliki tendangan keras dari kaki kirinya.

Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak., MM saat membuka turnamen sepakbola (FOTO/HAMDANI)

Bang Carlos juga menilai, perhelatan-perhelatan sepakbola dapat meningkatkan perekonomian rakyat karena sepakbola memberi kesempatan kepada sejumlah elemen untuk terlibat, baik pelaku sepakbola itu sendiri maupun profesi lainnya seperti penjual gorengan, penjual kopi hingga petugas parkir.

Amin juga meilhat, sepakbola berperan dalam membentuk karakter generasi muda dalam membangun kebersamaan dan kekompakan karena sepakbola adalah olahraga tim yang membutuhkan kerjasama antar pemainnya.

Yang lebih penting lagi, generasi muda yang menyukai sepakbola diyakini akan terhindar dari pengaruh narkoba.

“Ini penting, sepakbola menghindari anak-anak kita dari pengaruh narkoba. Jangankan narkoba, seorang pemain sepakbola merokok saja diharamkan karena akan berdampak pada lemahnya kondisi stamina dan fisik,” ujar Walikota.

Dalam kesempatan tersebut, Aminullah Usman mengapresiasi pihak Kecamatan dan Muspika Lueng Bata yang telah berinisiasi menggelar turnamen sepakbola antar desa di Kecamatan Lueng Bata tersebut.

“Saya harap turnamen ini digelar setiap tahunnya agar generasi kita memiliki kesempatan unjuk kemampuan dan kita juga memiliki banyak kesempatan melihat talenta-talenta muda yang akan memperkuat Banda Aceh di sejumlah ajang sepakbola nantinya,” harap Bang Carlos.

Sementara itu, Camat Leung Bata, Iqbal Rokan, S. STP  menyampaikan turnamen tersebut digelar dalam rangka HUT RI ke 72. Ada tim yang bertarung di turnamen berhariah total Rp 10,5 juta ini.

“Ada 9 tim dari 9 desa yang ikut berpartisipasi di turnamen ini dan ditambah 1 tim yakni Muspika Lueng Bata. Jadi turnamen ini diikuti 10 tim dengan sistem kompetisi penuh, yakni sistem gugur,” ungkap Iqbal Rokan.

Walikota sendiri ikut berpartisipasi di turnamen ini. Bang Carlos tercatat sebagai winger yang memperkuat Muspika Lueng Bata dan tampil menghibur penonton dengan umpan-umpan crossing akuratnya. (Hamdani)