Karnaval Mobil Hias dan Pawai Budaya di Banda Aceh Meriah

forumkeadilan.com. Aceh – Walikota Banda Aceh Aminullah Usman didampingi Ketua DPRK Arif Fadillah dan sejumlah unsur Muspida lainnya beserta para Kepala SKPK di lingkungan Pemko Banda Aceh melepas Karnaval Mobil Hias dan Pawai Budaya di Lapangan Blang Padang, Sabtu (19/8/2017) pagi.

Peserta pawai karnaval (Foto/Hamdani)

Kegiatan rutin tahunan tersebut diikuti oleh ribuan pelajar SD, SMP, dan SMA sederajat, unsur pemerintahan, TNI/Polri, dan komunitas masyarakat ikut serta dalam kegiatan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-72 ini.

Para pelajar memakai pakaian adat dari seluruh daerah yang ada di Indonesia. Ada juga yang mengenakan pakaian ala pejuang 45. Sementara karnaval mobil hias diikuti oleh unsur SKPA, SKPK Banda Aceh, TNI/Polri, hingga komunitas mobil.

Dalam sambutannya sesaat sebelum melepas bendera start, Aminullah menyebutkan acara ini merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap para pejuang bangsa dalam mempertahankan Kemerdekaan RI.

“Semoga dengan adanya acara ini semakin meningkatkan rasa cinta kita kepada tanah air. Kami juga berharap kegiatan karnaval dan pawai budaya ini tidak hanya sekedar menjadi rutinitas belaka, yang setelah itu akan hilang begitu saja. Namun hendaknya, kegiatan ini harus dimaknai dari hati nurani,” pesan Walikota Banda Aceh.

Walikota turut memberikan apresiasi kepada para kepala sekolah dan guru yang telah mengkoordinir dan mempersiapkan siswa-siswinya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Semoga pula ajang ini dapat menjadi hiburan dan penyemangat bagi kita semua untuk saling bersatu padu dalam membangun Indonesia yang kita cintai ini,” kata Aminullah penuh harap.

Pantauan media ini, usai start dari Blang Padang, para para peserta melalui rute ke beberapa jalan utama di pusat kota hingga kembali finish di Blang Padang. Masyarakat pun terlihat antusias dan berjejer di pinggir jalan menyambut para peserta. Saat melewati Pendopo Gubernur Aceh, mereka ikut disambut oleh Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah bersama Wali Kota Aminullah dan para pejabat lainnya. (Hamdani)