Terlibat Narkoba, Lima Anggota Lanal Lhokseumawe Dipecat

forumkeadilan.com. Aceh – Lima anggota Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe dipecat karena terlibat Narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) jenis Sabu. Tiga prajurit ditangkap saat transaksi sabu oleh Polres Pidie dan dua lainnya terbukti positif mengkonsumsi sabu setelah tes urine.

Komandan Lanal Lhokseumawe, Kolonel Mar Nasrudin kepada wartawan pada acara pemusnahan barang bukti  Sabu seberat 49,1 gram dan 0,9 gram, Senin (31/7) mengatakan, pemecatan anggota kesatuan ini menurut Nasrudin telah melalui prosedur dan kriteria, dimana setiap anggota yang terlibat, dilakukan sidang Tabiat dan diusulkan pada atasan untuk proses pemecatan.

“Dapat saya pastikan, sejauh ini sudah lima orang anggota Lanal Lhokseumawe yang telah dipecat dan sudah dikembalikan ke masyarakat, tiga diantaranya adalah pelaku pada kasus ini. Sementara dua orang lainnya dipecat karena terbukti sebagai pengguna Narkoba jenis Sabu dari hasil tes urine” ujarnya.

Danlanal menambahkan, pertengahan tahun 2016, dua anggota TNI AL Lhokseumawe membawa Narkoba jenis Sabu dari Medan, Sumatera Utara dengan tujuan Sigli. Rencananya barang haram tersebut ingin dipasarkan di wilayah Sigli dan sudah ada calon pembeli.

Kemudian, pelaku membuat janji di suatu tempat dengan calon pembeli guna tes barang. Pada saat itu tiba-tiba datang anggota Polres Pidie menyergap pelaku dan sekaligus mengamankan barang bukti. Saat diperiksa, kemudian diketahui pelaku sebagai anggota TNI AL Lhokseumawe setelah menunjukkan identitas kartu tanda anggota. “Karena kita memiliki proses hukum sendiri, maka diserahkan kepada kita,” sebutnya.

Akibat perbuatannya, tiga anggota Lanal Lhokseumawe yang terlibat dalam kasus ini yaitu Sertu POM Ratno Mulyadi Dwi L, Kopda Eta Tri Haryono dan Kls Mer M Fadly dipecat dari kesatuan. Selanjutnya, dua anggota lainnya yakni Kopda Basri dan Sertu Sumardi dipecat karena terbukti sebagai pengguna menyusul hasil tes urine yang dilakukan rutin enam bulan sekali.

Dengan pemecatan ini, kata dia, pihaknya berharap agar dapat menjadi contoh kepada anggota yang lain, jangankan menjadi kurir apalagi pengedar, terbukti sebagai pemakai saja pada saat tes urine langsung dipecat. “Ini sebagaimana perintah panglima TNI,” tegas Nasrudin.

Pemusnahan barang bukti tersebut berlangsung Senin sore di halaman Denpomal Lhokseumawe dengan cara diblender. Hadir dalam pemusnahan barang bukti, kepala BNN Lhokseumawe AKBP Fakhrurrozi, Kasat Narkoba Polres Lhokseumawe AKP Muchtar, Kasie Pidum Kejari Aceh Utara Fahmi Jalil dan Dandenpomal Lhokseumawe Letda Laut (PM) Hadi Bejo.(Say/Jefry)