Cegah Peredaran Narkoba di Kalangan TNI, Prajurit di Test Urine

forumkeadilan.com. Aceh – Dalam rangka melakukan pencegahan dan pemberantasan serta penyalahgunaan narkoba di kalangan Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), Komando Distrik Militer 0101 Aceh Besar (Kodim 0101/BS) melakukan program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan cara melakukan test urine terhadap seluruh prajurit jajaran Kodim 0101/BS, salah satunya di Koramil 03/Lhoknga, yang dilaksanakan pada Jumat (28/07).

Komandan Kodim 0101/BS Letnan Kolonel Inf. Iwan Rosandriyanto, S.IP pada wartawan mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara rutin, bertahap dan selektif. Hal tersebut bertujuan agar seluruh prajurit Kodim 0101/BS bersih dan terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

“Dengan dilakukannya test urine ini, diharapkan dapat menghindari pengedaran dan pemakaian narkoba di kalangan prajurit Kodim 0101/BS, Hal ini kami lakukan sebagai membentengi dan memperkuat diri serta keluarga untuk tidak terpengaruh oleh barang tersebut,” ujar Dandim.

Pelaksanaan test urine di kalangan Prajurit TNI (FOTO/IST)

Dalam pelaksanaan tes urine ini, Kodim 0101/BS menerjunkan 6 orang personel Intelijen yang dipimpin langsung oleh Komandan Unit Intel Kodim 0101/BS Kapten Inf. Sumastono serta SE anggota provos. Dari hasil pemerikasaan dinyatakan seluruh personel tersebut negatif dan bebas dari narkoba.

“Hasil test menunjukkan seluruh personel Koramil 03/Lhoknga Negatif tidak menggunakan Narkoba,” pungkas Kapten Inf Sumastono usai kegiatan test tersebut. (Hamdani)