Kemenhan Luncurkan Program Sosialisasi Bela Indonesiaku

Menhan Ryamizard Ryacudu menyematkan tanda pin kepada Ricky H Sutjipto, Direktur IdeKami Communications sekaligus penggagas Program bela Indonesiaku (ABDUL FARID/FORUM)

forumkeadilan.com. Jakarta. Kementerian Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia, Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan – RI menggelar acara penandatanganan MoU Bela Negara dengan lembaga-lembaga negara serta Peluncuran Program Sosialisasi Bela Negara yang dikemas dalam tema besar Bela Indonesiaku, di Jakarta Rabu (21/6) . Selain itu juga diadakan serah terima VCD Lagu Anak-Anak bertajuk Bela Indonesiaku.
Terkait dengan program Bela Negara, Direktur Bela Negara pada Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan di Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Laksma TNI Muhammad Faisal, menyatakan bahwa setiap warga negara Indonesia berhak mengikuti program Bela Negara. “Seiring dengan perkembangan lingkungan strategis baik secara global, regional maupun nasional sangat mungkin mempengaruhi Indonesia”, ungkapnya

Muhammad Faisal menambahkan, kondisi tersebut tentu sangat mempengaruhi pola dan bentuk ancaman, baik ancaman militer maupun ancaman nonmilter juga ancaman hibrida, sehingga menuntut adanya bentuk pertahanan negara yang efektif dan berdaya tangkal tinggi  yang didasarkan pada kesadaran atas hak dan kewajiban setiap warga negara.
“Undang-undang menyebutkan bela negara itu merupakan hak dan kewajiban. Hak dulu, baru kewajiban, bagi warga negara untuk membela negara,” ujarnya

Untuk mewujudkan program Bela Negara, Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan – RI melakukan penandatanganan MoU dengan berbagai lembaga negara, kemudian juga meluncurkan program sosialisasi bela negara yang dikemas dalam tema besar Bela Indonesiaku.
Bela Indonesiaku merupakan program sosialisasi yang terintergrasi dan berkesinambungan dengan format multi media platform (Digital, On Air dan Off Air) yang dikemas dalam kombinasi Entertainment. Edutainment, Infotainment, dan Docutainment. Dan guna menyukseskan program Bela Indonesiaku, Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan – RI bekerjasama dengan Idekami Communications selaku pemrakarsa sekaligus yang akan menjalankan program sosialisasi Bela Indonesiaku.

Ricky H Sutjipto, Direktur IdeKami Communications sekaligus penggagas Program bela Indonesiaku menjelaskan bahwa, saat ini untuk program sosialisasi Bela Indonesiaku telah berjalan dan akan terus dikembangkan sehingga apa yang menjadi tujuan dari Bela Negara dapat disosialisasikan secara tepat, efektif dan sukses. “Bentuk program dalam Bela Indonesiaku dari sisi digital program antara lain dengan menciptakan portal belaindonesiaku yang diintegrasikan dengan ragam platform social media yang ada saat ini”’ ungkap Ricky. Kemudian juga akan di develop sebuah tv Program Bela Indonesiaku / Bela Negara, juga diimbangi dengan ragam program off air Bela Indonesiaku lainnya. Farid/FORUM