Polres Purwakarta Tetapkan Sopir Primajasa sebagai Tersangka

Purwakarta, ForumKeadilan.com – Sopir bus Primajasa, Rusmana, 41 tahun, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Kabupaten Purwakarta. Penetapan status tersangka ini menyusul kasus kecelakaan yang mengakibatkan tiga orang tewas, kemarin (13/3).

Menurut Kasatlantas Polres Purwakarta, AKP Arman Sahti, pihaknya telah memeriksa sang sopir yang terlibat dalam tabrakan beruntun di jalur arteri Purwakarta-Bandung atau Jalan Basuki Rahmat. Dugaan awal terjadinya kecelakaan maut itu akibat kelalaian (human error).

“Sesuai dengan hasil pemeriksaan sementara, kita tetapkan sopir bus sebagai tersangka,” kata Arman Sahti, seperti dikutip Antaranews.

Bus Primajasa yang dikendarai, menurut keterangan Rusmana, mengalami rem blong saat memasuki wilayah Purwakarta. Padahal, saat keberangkatan, bus tersebut tidak mengalami kendala apapun. “Sopir mengaku saat memasuki jalan raya Ciganea, Purwakarta yang kondisinya menurun dan menikung, rem kendaraan tersebut tiba-tiba tak berfungsi,” ujar Arman Sahti.

“Jadi ini murni kelalaian sopir dan ada faktor ketidaklayakan bus tersebut. Yang bersangkutan dijerat Pasal 310 ayat 4, Undang-undang Lalulintas dengan ancaman kurungan penjara maksimal lima tahun,” terangnya.

Untuk diketahui, bus Primajasa jurusan Garut-Bekasi yang dikendarai Rusmana itu, menabrak sebuah angkutan kota dan lima motor yang sedang melaju dari arah sebaliknya. Sementara, tiga korban jiwa diketahui bernama Egi Rusandi, Abdul Arif Rahman dan Eliyatur Tampubolon. Selain korban tewas, ada juga sejumlah korban luka-luka. blc/ant

*Keterangan foto: Kecelakaan Bus Primajasa di Purwakarta (Sumber foto: Pikiran Rakyat)