Orang Cantik Dalam Teori Lombroso

 

PRIYONO B SUMBOGO

 

Umpama kriminolog Cesare Lombroso (1835-1909) masih hidup, mungkin di akan sangat malu dan memilih bunuh diri bila melihat fenomena kejahatan di Indonesia. Bukan karena ia merasa prihatin pada Indonesia, melainkan karena teorinya sama sekali tidak menemukan pembenaran di Indonesia.

Untuk menjawab mengapa orang menjadi jahat, pembawa bendera mazhab krimoologi positiv dari Italia ini membangun tesis berasarkan ciri-ciri biologis. Lombroso meyakini bahwa orang menjadi jahat karena memang memiliki bakat jahat. Bakat jahat  tersebut diperoleh karena kelahiran, yaitu diwariskan dari nenek moyang (borne criminal). Bakat jahat tersebut dapat dilihat dari ciri-ciri biologis tertentu, seperti muka yang tidak simetris, bibir tebal, hidung pesek, dan lain-lain. Bakat jahat tersebut tidak diubah, artinya bakat jahat tersebut tidak dapat dipengaruhi.

Jika diringkas atau ditarik intisarinya, tesis Lombroso adalah bahwa kejahatan merupakan bakat yang diturunkan secara genetik dengan ciri kronstruksi wajah buruk.

Angelina Patricia Pinkan Sondakh sangat tidak jelek, bahkan cantik sekali. Bapak, ibu, nenek, dan leluhurnya belum terdeteksi sebagai penjahat. Baru-baru ini Angelina bahkan tampak lebih cantik dan anggun. Sekarang dia berhijab. Berbalut kerudung warna merah muda, bibirnya  dipoles lipstik berwarna pink tua. Dengan paduan kemeja putih dan celana hitam serta sepatu flat -nya dengan aksen pita yang dikenakan, penampilan Angie tampak selaras.

Angelina adalah  Puteri Indonesia tahun 2001. Angelina tidak hanya cantik, tapi mempunyai kemampuan yang sangat tinggi. Sejak remaja, dia sudah banyak memenangkan penghargaan akademik dan lainnya. Tahun 2004, ia terjun ke dunia politik dan terpilih sebagai Anggota DPR Republik Indonesia dari partai Demokrat. Karirnya berjalan dengan cemerlang hingga pada pada Jumat, 3 Februari 2012, Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan dia sebagai tersangka korupsi proyek wisma atlet di Palembang.

Kini Angelina harus menghabiskan waktunya di penjara. Dia merasa terpukul dan hanya bisa pasrah menerima keputusan ini. Angie semula divonis 4 tahun 6 bulan penjara. Vonis Kasasi MA memperberat hukumannya menjadi 12 tahun, selain juga diminta mengembalikan uang negara yang dikorupsinya sebesar Rp 12,5 miliar dan USD 2,3 juta.

Ratu Atut adalah wanita cantik pemimpin Provinsi Banten. Ia resmi menjabat sebagai Gubernur wanita pertama di Indonesia dan didampingi wakil gubernur terpilih Mohammad Masduki pada 11 Januari 2007 sampai 2012. Wanita yang selalu terlihat glamour dengan dandanan eksklusif ini memang tidak hanya berprestasi di bidang politik.

Namanya mulai ramai dibicarakan publik ketika dia lebih memilih tinggal di rumah pribadinya daripada di rumah dinas. Namun uniknya, rumah pribadinya ini ronovasinya dibiayai oleh negara. Tentu saja masyarakat tidak terima akan hal ini. Ratu Atut dituduh berkorupsi karena sudah selama 7 tahun tidak menyetorkan hasil kekayaanya ke KPK.

Siapakah tidak kenal Ayu Azhari yang ayu. Wanita yang dilahirkan sebagai Siti Khadijah ini populer sebagai artis, model dan penyanyi. Beberapa waktu lalu, Ayu sempat menjadi salah satu saksi yang diperiksa oleh KPK terkait kasus korupsi yang melibatkan namanya.

Ayu diduga menerima uang dari Ahmad Fathanah yang menjadi tersangka kasus korupsi kepengurusan kuota impor daging sapi Kementerian Pertanian. Uang tersebut berjumlah 1.800 Dolar AS dan Rp 20 juta sebagai uang muka (downpayment) atas mengisi acara pemilukada dan sosialisasi pemilukada di sembilan daerah. Namun, Pengadilan Tipikor Jakarta sudah memutuskan bahwa uang tersebut tidak terkait dengan korupsi yang dilakukan Ahmad Fathanah.

Vitalia Sesha adalah seorang model berwaja cantik. Dia memang populer karena menjadi salah satu bintang di sebuah majalah pria dewasa. Vitalia telibat kasus yang sama dengan Ayu Azhari. Dia diduga telah menerima sejumlah uang dan barang mewah hasil pencucian uang korupsi Ahmad Fathanah. Vitalia diduga diberikan uang sekitar Rp 200 juta – Rp 250 juta. Uang ini digunakan Vitalia untuk banyak hal termasuk suntik putih dan biaya kontrakan rumahnya. Dia dibelikan sebuah arloji mewah merek Choppard senilai Rp 70 juta dan mobil honda jazz putih bernopol B 15 VTA. Beberapa barang mewah ini telah disita oleh KPK dan digunakan sebagai barang bukti untuk penyelidikan.

Inong Malinda atau Malinda Dee atau Malinda Danuardja merupakan seorang mantan Senior Relationship Manager Citibank. Malinda adalah seorang sosialita dan seorang wanita yang selalu berpenampilan glamor. Tapi ternyata di balik itu semua, Malinda menjadi tersangka kasus penggelapan dana nasabah di tempat dia bekerja.

Kekayaan Malinda ternyata adalah hasil dari penggelapan dana dari nasabahnya. Kasus ini menjadi heboh pada tahun 2012 dan menjadi pembicaraan masyarakat. Malinda juga diketahui telah menikah siri dengan seorang artis muda bernama Andika Gumilang. Mahkamah Agung (MA) menghukumnya dengan penjara 8 tahun dengan denda 10 miliar dan subsider 1 tahun penjara.

Lima wanita cantik itu cuma sebagian kecil contoh yang menghancurkan teori Lombroso di Indonesia karena terbukti atau sempat diduga terlibat kasus korupsi. Sebab dalam persepektif psikologi kriminal,  di balik kecantikan mereka, terdapat “mental sakit”. Maka bersyukurlah orang yang berkonstruksi wajah jelek dan tidak korupsi atau terlibat kasus korupsi.

Comments are closed.