160 Mahasiswa Indonesia Terima Beasiswa dari Uni Eropa

Charles-Michel Geurts, Wakil Ketua Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam berbincang dengan perwakilan mahasiswa (ABDUL FARID/FORUM)
Charles-Michel Geurts, Wakil Ketua Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam berbincang dengan perwakilan mahasiswa (ABDUL FARID/FORUM)

Jakarta— forumkeadilan.com–Sebanyak 160 lebih mahasiswa Indonesia mendapatkan Beasiswa Erasmus+ (Erasmus Plus) dari Uni Eropa untuk menempuh pendidikan di berbagai negara Eropa. Para penerima beasiswa itu akan menempuh studi tingkat S-1, S-2, S-3 dan pascadoktoral baik program gelar maupun non-golar/pertukaran, mulai tahun akademik 2016.

Charles-Michel Geurts, Wakil Ketua Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam memberikan sertifikat dan menyampaikan selamat kepada para penerima beasiswa atas keberhasilan mereka mendapatkan beasiswa itu. Beasiswa Erasmus+, kata Geurts, memberikan peluang bagi para mahasiswa untuk membangun masa depan lebih baik.

“Kami harap beasiswa ini dapat mendukung keahlian mereka di bidang masing-masing dan sekembalinya ke Indonesia, mereka akan kembali dengan ketrampilan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi negara dan diri mereka sendiri, serta membawa kenangan indah tentang Eropa. Selamat jalan dan selamat belajar,” kata Geurts.

Program Erasmus+ yang didanai Uni Eropa sebesar 16 miliar Euro ini bertujuan memberikan kontribusi terhadap peningkatan ketrampilan dan keahlian para generasi muda, meningkatkan pemahaman antarbudaya, dan mendukung kerjasama nasional serta memperluas jaringan antarakademisi dan perguruan tinggi di Eropa maupun negara lain di dunia.

Terkait beasiswa Erasmus+, saat ini terdapat 104 program S-2 dan 17 program S-3 yang ditawarkan. Beasiswa ini mencakup berbagai bidang seperti teknologi, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, bisnis, ilmu ekonomi, hokum, serta ilmu pengetahuan budaya dan sastra.
Selain beasiswa Erasmus+, setiap tahunnya Uni Eropa dan negara-negara anggota Uni Eropa memberikan sekitar 1600 beasiswa kepada mahasiswa Indonesia melalui berbagai program beasiswa untuk belajar di Eropa. Lebih dari 6.000 pelajar Indonesia berangkat ke Eropa untuk menempuh pendidikan sarjana dan pasca sarjana pada tahun 2015.

Secara keseluruhan, sekitar 9.600 mahasiswa Indonesia saat ini sedang menempuh pendidikan di Eropa. “Eropa memiliki lebih dari 4.000 perguruan tinggi dan lebih dari 15.000 program studi pascasarjana yang diselenggarakan dalam Bahasa Inggris,” terang Geurts.//AF

Comments are closed.