TNI AL KERAHKAN 2 KRI DUKUNG MUDIK GRATIS

KRI Surabaya-591 dan KRI Banda Aceh-593 dikerahkan untuk mendukung mudik gratis Idul Fitri 2015. (Foto : Dispenal)
KRI Surabaya-591 dan KRI Banda Aceh-593 dikerahkan untuk mendukung mudik gratis Idul Fitri 2015. (Foto : Dispenal)

Jakarta–TNI AL akan mengerahkan dua kapal perangnya jenis Landing Platform Dock (LPD) yaitu KRI Surabaya-591 dan KRI Banda Aceh-593 guna mendukung program Kementerian Perhubungan RI dalam mudik secara gratis bagi warga Jakarta pengendara sepeda motor yang hendak merayakan Idul Fitri tahun 2015/1436 Hijriah ke kampung halaman dengan tujuan Semarang dan Surabaya, sekaligus juga mengangkut arus balik kembali ke Jakarta dari Semarang dan Surabaya.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Kolonel Laut (P) M. Zainudin menjelaskan, pengerahan kapal perang untuk mengangkut pemudik ini dilakukan guna membantu warga Jakarta, khususnya pengguna sepeda motor, yang akan melaksanakan mudik ke tujuan Semarang dan Surabaya. Mudik dengan menggunakan sepeda motor apalagi membonceng istri dan anak berikut membawa tas dan barang lainnya tentu sangat beresiko tinggi dan rawan kecelakaan, kata Kadispenal. “Oleh karena itu saya mengimbau kepada para pemudik bersepeda motor dapat memanfaatkan kesempatan ini. Selain tidak dipungut biaya, juga akan mendapat makanan dan souvenir,” kata juru bicara TNI AL ini.

Kapal perang TNI AL KRI Surabaya-591 dijadwalkan akan bertolak dari Pelabuhan Umum Tanjung Priok Jakarta tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada tanggal 11 Juli 2015. Kemudian pada tanggal 21 Juli 2015 akan mengangkut gelombang arus balik pemudik bersepeda motor dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Sedangkan KRI Banda Aceh-593 akan bertolak dari Tanjung Priok Jakarta tujuan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tanggal 13 Juli 2015, serta akan mengangkut gelombang arus balik pada tanggal 24 Juli 2015 dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Pendaftaran mudik gratis ini dapat dilakukan secara online maupun offline. Secara online dimulai sejak tanggal 1 s.d. 30 Juni 2015 dengan mengakses pada situs: www.mudikgratis.dephub.go.id. Sedangkan pendaftaran secara offline dimulai pada 15 Juni s.d. 8 Juli 2015 dengan cara para pendaftar dapat mendatangi kantor Kementerian Perhubungan RI, Jl. Medan Merdeka Barat No. 8 Jakarta. Syarat pendaftaran adalah: maksimal terdiri dari dua orang dewasa dan satu anak untuk pesepeda motor, mengisi formulir sesuai kota tujuan dengan one way atau pergi pulang, melengkapi foto kopi KTP, KK, SIM dan STNK, serta menunjukkan yang asli, serta menerima bukti pendaftaran. Untuk warga yang mendaftar online tinggal datang untuk menunjukkan dokumennya aslinya ke petugas, tanpa harus mengisi lagi formulir yang ada karena sudah diisi secara online.
Pendaftaran bagi prajurit TNI/TNI AL dan keluarganya dapat dilakukan di Puskodal Staf Operasi Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta Utara telpon  (021)-43913473. Persyaratan membawa foto kopi STNK sepeda motor, KTP, KTA, KK dengan memperlihatkan aslinya.

Untuk setiap pelayaran, KRI Surabaya-591 dan KRI Banda Aceh-593 dalam sekali sorti pelayaran masing-masing kapal mampu mengangkut 1.000 unit sepeda motor berikut 1.500 penumpang. Sedangkan lama pelayaran dari Jakarta ke Surabaya kurang lebih 30 jam, sedangkan dari Jakarta ke Semarang kurang lebih 15 jam.

Dispenal/Forum

Comments are closed.