Inkop TKBM Cabut Gugatan ke Menhub Jonan

Ketua Badan Pengawas Inkop TKBM Chandra (agoesbudianto/fk)
Ketua Badan Pengawas Inkop TKBM Chandra (agoesbudianto/fk)

Jakarta, FK — Memenuhi komitmen dengan Kementerian Perhubungan, Senin ini (25/5), Induk Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) menarik gugatan di Mahkamah Agung. “Kami mencabut gugatan hari ini,” ungkap Ketua Badan Pengawas Inkop Chandra kepada forumkeadilan.com.

Sebelumnya Inkop TKBM mendaftarkan gugatan uji materi (judicial review) atas dua peraturan menteri perhubungan, yakni Permenhub Nomor PM 60 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan dan Pengusahaan Bongkar Muat Barang dari dan ke Kapal pada Pasal 3 Ayat (4) dan Pasal 16 dan Permenhub Nomor PM 53 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 60 Tahun 2014 pada 19 Mei lalu. Berkas pendaftaran diterima panitera MA, Heriman.

Chandra menjelaskan pencabutan itu merupakan tindak lanjut dari komitmen pertemuan Jumat pekan lalu (22/5), antara Staf Khusus Menhub Hadi Mustofa Djuraid, Direktur Lalu Lintas Kelautan Harry Budianto dengan perwakilan TKBM seluruh Indonesia. Dalam pertemuan itu disepakati beberapa hal, antara lain, Permenhub yang jadi masalah akan direvisi dan diganti dengan yang baru, Menhub Ignatius Jonan memperhatikan aspirasi koperasi buruh bongkar muat dan akan meningkatkan kemampuan dan sertifikasi buruh menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan mulai berjalan akhir tahun ini.

Kesepakatan itu tertuang dalam notulen.

“Dengan adanya kesepakatan itu, kami lega. Soalnya beberapa waktu belakangan kami selalu mendapat informasi yang meresahkan. Karena itulah kami mendatangi Menteri Perhubungan untuk mendapatkan penjelasan langsung. Alhamdulillah, setelah dijelaskan Pak Hadi dan Pak Harry, semua jelas,” jelas Chandra.

Chandra menegaskan, hasi pertemuan sudah disosialisasikan ke lapangan. “Semua bekerja seperti biasa.”

wbc/jotz

Comments are closed.