“Wong Saya Lagi Tidur, Kok Dibilang Hilang Ikut ISIS”

Suroya Cholid (okezone.com)
Suroya Cholid (okezone.com)

Surabaya — Namanya Suroya Cholid. Perempuan, warga Surabaya, tinggal di Jalan Sutorejo Tengah 5 Nomor 44. ia tidak hilang, apalagi ke Turki dan dikabarkan bergabung ISIS. Telusuran okezone.com, Soraya masih di Surabaya, sehat walafiat. Entah darimana namanya muncul dalam lansiran pemerintah.

Nama Suroya muncul dalam daftar 16 WNI yang diduga hilang di Turki baru-baru ini.

Suroya kaget namanya muncul di daftar 16 WNI yang hilang di Turki. Terlebih lagi beredar kabar bahwa mereka yang hilang bergabung dengan kelompok militan ISIS.

“Saya lho ndak ke mana-mana. Kok tiba-tiba nama saya muncul masuk sebagai warga yang hilang di Turki. Saya juga kaget,” kata perempuan keturunan Arab ini, Jumat (13/3), seperti dikutip okezone.com.

Ia mengetahui namanya masuk daftar WNI yang hilang di Turki pada Senin 9 Maret 2015 siang. Saat itu ada tentangganya di kediaman yang lama yakni di Jalan Ampel Melati 1 Nomor 15 Surabaya meneleponnya. Dalam percakapan via telepon tersebut, tetangga yang bernama Lubna mengatakan bahwa Suroya termasuk orang yang hilang di Turki.

“Ya saya bilang, ‘Wong saya lagi tidur, kok malah dibilang hilang ikut ISIS.’ Saya juga kaget. Karena tetangga saya enggak percaya, saya datang ke rumah lama itu. Ternyata memang benar di sana lagi ribut bahwa saya gabung dengan ISIS,” kata Suroya.

Suroya mengaku rumahnya yang berada di kawasan makam Religi Sunan Ampel, Surabaya, pernah didatangi perangkat kelurahan dan pihak Kementerian Luar Negeri.

“Saat itu pihak Deplu menunjukkan paspor tersebut. Dalam paspor itu tertulis nama saya dan alamat saya, namun fotonya bukan foto saya,” kata Suroya.

Memang nama dan alamat yang tertera dalam parpor tersebut benar namanya. Namun foto yang terpampang dalam paspor itu bukanlah dirinya. Dalam paspor tersebut terlihat seorang wanita menggunakan jilbab berwarna hitam. Suroya berharap, kasus ini segera tuntas dan nama baiknya dipulihkan. Ia berencana melapor ke pihak kepolisian terkait persoalan tersebut.

okezone/jotz

Comments are closed.