KPK Tetap Bisa Selidiki Kasus BG, Bukannya Serahkan ke Kejaksaan

Ganjar Laksmana Bonaparta (antara)
Ganjar Laksmana Bonaparta (antara)

Jakarta — Pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia, Ganjar Laksmana Bonaparta, mempertanyakan pelimpahan kasus Komjen Pol Budi Gunawan dari Komisi Pemberantasan Korupsi ke Kejaksaan Agung.

Walau menganggap putusan hakim praperadilan kasus itu keliru, ia menghormati. Logika hukumnya, jika putusan PN Jakarta Selatan yang membatalkan penetapan status tersangka Komjen Pol Budi Gunawan oleh KPK, sehingga status penyidikan diturunkan lagi menjadi penyelidikan. Sehingga KPK tak perlu melimpahkan kasus itu ke kejaksaan.

“Kasus hukum yang statusnya masih penyelidikan tidak bisa dilimpahkan oleh KPK kepada Kejaksaan Agung,” katanya dalam diskusi dialektika di Gedung MPR/DPR/DPD Jakarta, Jumat (6/3).

Setelah statusnya kembali ke penyelidikan, seharusnya KPK mengambil langkah menyelidiki lagi kasus ini, bukan malah melimpahkan ke Kejaksaan Agung. Jika dalam penyelidikan ulang KPK tidak menemukan cukup bukti, maka KPK dapat menghentikan penyelidikan.

“Sebaliknya, jika KPK menemukan cukup bukti, maka KPK meningkatkan statusnya lagi ke penyidikan. Setelah bersatus penyidikan, kalau KPK menilai lebih tepat disidik oleh Kejagung, maka dapat dilimpahkan ke Kejagung,” kata Ganjar.

“Jangan sampai makin banyak lembaga penegakan hukum yang menangani proses hukum ini masuk dalam skenario khusus,” sambung dia.

Ant/RH/JMS/jotz

Comments are closed.