Bayern Gelontor Shakhtar Tujuh Gol Tanpa Balas

Laga kedua babak 16 besar antara Bayern Munich versus Shakhtar Donetsk berakhir dengan skor 7-0. (ist)
Laga kedua babak 16 besar antara Bayern Munich versus Shakhtar Donetsk berakhir dengan skor 7-0. (ist)

Munich, ForumKeadilan.com – Juara Jerman, Bayern Munich, Kamis (12/3) dini hari WIB, menghancurkan Shakhtar Donetsk dengan skor 7-0 untuk melaju ke perempat final Liga Champions, sekaligus mengukir rekor kemenangan terbesar di fase gugur kompetisi antar klub Eropa itu.

Setelah bermain imbang tanpa gol pada pertandingan pertama, pertandingan kali ini diperkirakan akan berlangsung ketat namun situasi menjadi menguntungkan bagi juara Eropa lima kali itu berkat pengusiran Oleksandr Kucher di menit ketiga. Mario Goetze dijatuhkan di kotak terlarang oleh Kucher, dan Thomas Mueller sukses menjadi algojo penalti yang dihadiahkan ke timnya.

Itu menjadi kartu merah tercepat dalam sejarah Liga Champions dari awal pertandingan, dan gol keempat Mueller pada kompetisi musim ini, semuanya dari eksekusi penalti.

Hantaman sejak dini itu mengubah rencana pelatih Shakhtar Mircea Lucescu, yang memasukkan gelandang bertahan Serhiy Krystov ketika Bayern menambah tekanan.

Arjen Robben menyia-nyiakan peluang bagus untuk menggandakan keunggulan setelah ia gagal menyambar umpan tarik Robert Lewandowski di depan gawang yang telah kosong.

Pemain Belanda itu melepaskan sepakan yang masih melambung di atas mistar gawang sebelum ia ditarik keluar lapangan karena cedera paha pada menit ke-19.

Pergantian itu sama sekali tidak mengendurkan kecepatan serangan-serangan tim Jerman, di mana upaya tuan rumah sempat membentur tiang gawang melalui sundulan Lewandowski.

Jerome Boateng melakukannya dengan lebih baik pada menit ke-34, menyambar bola pantul setelah tembakan Lewandowski sempat disapu oleh barisan pertahanan Shakhtar dalam situasi kemelut di depan gawang.

Tim Bavaria kembali memperbesar keunggulan setelah turun minum melalui dua gol cepat dari Franck Ribery dan Mueller, yang bergabung dengan Mario Gomez dengan koleksi 26 gol sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa asal Jerman di kompetisi ini, untuk memastikan kemenangan timnya.

Bek Holger Badstuber membukukan gol pertamanya sejak pulih dari cedera yang juga membuatnya absen selama dua tahun, sebelum penyerang asal Polandia Lewandowski juga mencatatkan namanya di papan skor.

Goetze juga mengukir namanya di buku rekor melalui gol ketujuh untuk timnya pada pertandingan Rabu malam itu. reu/ant

Comments are closed.