Usai Serangan di Copenhagen, Italia Perketat Keamanan

Roma, ForumKeadilan.com – Menyusul insiden penyerangan yang terjadi di Copenhagen, Denmark dan Paris, Prancis belum lama ini, petinggi keamanan Italia sepakat untuk menempatkan 4.800 tentaranya di jalanan di seluruh Negeri Pizza itu guna mengamankan wilayah-wilayah rawan.

Pernyataan tersebut sebagaimana diungkapkan Kementerian Dalam Negeri Italia, Selasa (17/2) waktu setempat, setelah pertemuan para pejabat keamanan dan militer. Mereka menyebutkan bahwa pasukan Italia akan menjaga tempat-tempat yang rawan serangan, sekurang-kurangnya hingga Juni.

Seperti dilansir Reuters, media Italia menyebutkan, sekitar 500 petugas akan ditempatkan di Roma, sementara pasukan bersenjata sudah membantu mengawal kantor-kantor diplomat dan kediaman mereka, selain juga sinagoga dan sekolah kaum Yahudi. Pasukan keamanan juga akan disebar ke obyek-obyek wisata arkeologi dan monumen.

Para petinggi keamanan mempertimbangkan Roma merupakan tempat yang rawan mengingat di kota itu juga terdapat Vatikan. Sebelum ini ada situs yang mengancam Paus Fransiskus dan gereja Katolik Roma, namun Menteri Dalam Negeri Angelino Alfano dalam pertemuan dengan pejabat Vatikan, Selasa, mengatakan jika tidak ada ancaman yang khusus.

Sebelumnya, terjadi serangan oleh orang bersenjata di Copenhagen yang menyebabkan dua korban jiwa, dan serangan di Paris bulan lalu yang merenggut 17 korban jiwa. blc

Comments are closed.