Tantowi: Jokowi Tak Tegas Ketika Menyangkut Kepentingan Partai Pendukung

Tantowi Yahya (tengah) (FORUM/Arief Manurung)
Tantowi Yahya (tengah) (FORUM/Arief Manurung)

Jakarta — Politikus dari Partai Golkar Tantowi Yahya menilai ketegasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam 100 hari pertama masa pemerintahannya terjadi hanya pada isu-isu tertentu.

“Pak Jokowi tegas atau tidak, itu tergantung isu. Kalau menyangkut kepentingan publik dia tegas,” kata Tantowi di Jakarta, Senin (2/2).

Tantowi mencontohkan Jokowi tegas dalam hal kepentingan publik seperti membakar dan menenggelamkan kapal asing yang melakukan aktivitas penangkapan ikan secara ilegal, serta mengeksekusi terpidana mati bandar serta pengedar narkoba.

“Jadi ketika itu menyangkut kepentingan publik, Jokowi tegas,” jelas Tantowi.

Tetapi Tantowi memandang ketegasan Jokowi itu belum terjadi ketika menyangkut kepentingan politik partai pendukungnya, terkesan menjadi tokoh yang tidak konsisten dengan janji-janjinya semasa kampanye.

“Ketika menyangkut kepentingan politik partai pendukungnya, dia menjadi tokoh yang tidak konsisten karena ada tekanan yang begitu berat yang tidak bisa diselesaikan dirinya sendiri,” nilai dia.

Menurut Tantowi dalam tiga bulan pertama masa pemerintahan Jokowi, masyarakat mengharapkan mantan Walikota Solo itu menjadi presiden sesungguhnya. Namun faktanya, lanjut Tantowi, Jokowi seolah memmosisikan diri sebagai presiden bayangan, dan masyarakat pun akhirnya mengetahui siapa yang menjadi presiden sesungguhnya.

Ant/RPAJ

You might also like

Comments are closed.