Mata Uang Ukraina Anjlok 10 Persen

Kiev, ForumKeadilan.com – Menyusul tindakan bank sentral Ukraina memperkuat kontrol mata uangnya dalam upaya terbaru guna menghentikan kemerosotan berimbas terhadap anjloknya mata uang negara tersebut pada Senin (23/2). Kurs mata uang nasional Ukraina terpukul, dan anjlok sekitar 10 persen,

Kurs rata-rata untuk hryvnia –mata uang berkinerja terburuk di dunia saat ini– jatuh menjadi 31,51 terhadap dolar AS sebelum sedikit membaik.

Hryvnia kehilangan sekitar 50 persen dari nilainya pada 2014, karena Ukraina timur jatuh ke dalam konflik, menyusul penggulingan Presiden pro-Rusia Viktor Yanukovych pada Februari tahun lalu. Penderitaan berlanjut dengan mata uang terjun lebih cepat mulai awal tahun karena pertempuran sengit berkobar lagi di jantung industri timur.

Dalam upaya untuk membatasi penurunan, bank sentral Ukraina mengumumkan pihaknya melarang pemberi pinjaman memberikan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan untuk membeli mata uang asing dan memperketat kontrol pada impor.

“Bank sentral akan menggunakan semua langkah yang ada untuk menenangkan situasi di pasar,” ucap gubernur bank sentral Valeriya Gontareva, seperti dikutip kantor berita Interfax-Ukraina.

Ekonomi Ukraina menyusut 7,5 persen pada 2014, dengan kontraksi lebih lanjut 5,0 persen diperkirakan pada tahun ini.

Dana Moneter Internasional pada awal bulan ini menyetujui dana talangan atau bailout baru untuk Ukraina senilai 17,5 miliar dolar AS, dengan total yang akan diterima negara ini dari donor internasional naik menjadi 40 miliar dolar AS selama empat tahun ke depan. ant/blc

Comments are closed.