Massa Pro-BG ‘Menyemut’ di PN Jaksel

Satu Aksi Demo BG dan AS (merdeka.com)
Satu Aksi Demo BG dan AS (merdeka.com)

Jakarta — Ratusan orang yang mendukung Komjen Pol Budi Gunawan tampak ‘menyemut’ di halaman Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (2/2), untuk mengawal sidang praperadilan status tersangka Budi Gunawan oleh KPK.

Massa tersebut berasal dari Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Pendukung Praperadilan (Ampera), Forum Betawi Bersatu (FBB), Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) lainnya.

Sejumlah LSM tersebut mendukung sidang praperadilan yang diajukan Budi Gunawan dan meminta hakim untuk membatalkan status tersangka yang ditetapkan KPK kepada Budi Gunawan.

Massa tersebut menilai Pimpinan KPK Abraham Samad dan Bambang Widjojanto sarat kejanggalan karena menetapkan tersangka hanya dengan sebagian pimpinan KPK.

Selain itu, massa juga mempertanyakan sejumlah barang bukti yang diungkapkan oleh KPK dalam menetapkan Budi Gunawan sebagai tersangka.

Sementara itu Polda Metro Jaya mengerahkan 500 personel guna mengamankan sidang gugatan praperadilan calon Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan.

“Pasukan pengamanan sidang praperadilan dari Brimob Polda Metro Jaya, Sabhara Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Selatan dan Brimob Mabes Polri,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul.

Selain menurunkan pasukan, Polda Metro Jaya juga menyiapkan kendaraan taktis seperti satu unit kendaraan water cannon dan tiga unit kendaraan “Barracuda”. Polda Metro Jaya juga menurunkan dua anjing polisi untuk meningkatkan keamanan.

Sidang perdana praperadilan status tersangka Budi Gunawan mengagendakan pembacaan permohonan serta pengecekan kelengkapan berkas.

Salah satu kuasa hukum Budi Gunawan, Frederich Yunadi sebelumnya mengatakan pihaknya yakin hakim akan mengabulkan permohonan.

Frederich juga mengatakan akan membongkar keburukan KPK lewat sejumlah saksi di muka persidangan.

Ant/AR

Comments are closed.