Kondisi Keamanan Tak Stabil, Kedubes Mesir di Yaman Ditutup

Kairo, ForumKeadilan.com – Pemerintah Mesir, Senin (23/2), mengumumkan bahwa mereka menutup kedutaan besar di Sanaa, Yaman, dan menarik semua stafnya karena kondisi keamanan yang memburuk.

Langkah Mesir itu sama dengan yang dilakukan kalangan diplomatik sejak milisi Syiah menduduki ibu kota negara Yaman.

Yaman, yang telah lama berada di garis depan perang Amerika Serikat melawan Al-Qaeda, menjadi kacau sejak milisi Houthi Syiah menguasai Sanaa dari benteng mereka di daerah pegunungan utara tahun lalu.

“Misi diplomatik Mesir di Sanaa, yang dipimpin oleh Duta Besar Youssef al-Sharqawi, telah kembali ke Kairo pada Senin karena buruknya situasi keamanan di Yaman,” demikian dilaporkan media resmi pemerintah, MENA. “Kedutaan Mesir di Sanaa ditutup setelah (staf) kantor berangkat.”

Pihak Houthi menduduki Sanaa pada September dan membentuk sebuah dewan presidensial bulan lalu dalam langkah yang dianggap banyak pihak sebagai suatu kudeta.

Sejak itu, Arab Saudi, Amerika Serikat, Prancis, Jerman, Italia, Inggris, Belanda, Uni Emirat Arab, Spanyol, Jepang dan Turki telah menutup kedutaan-kedutaan mereka di Sanaa.

Satu hari setelah lolos dari penahanan rumah di ibu kota yang dikendalikan Houthi, Presiden Abedrabbo Mansour Hadi pada Minggu menyebut pengambilalihan oleh kelompok milisi tersebut sebagai kudeta dan menyatakan seluruh tindakan mereka itu gugur dan tidak sah. ant/reu/blc

Comments are closed.