[Kasus BG] Sidang Pra-Peradilan Ditunda, Apa Sikap Jokowi?

Komjen Pol Budi Gunawan (antara)
Komjen Pol Budi Gunawan (antara)

Jakarta, FK — Gara-gara pihak Komisi Pemberantasan Korupsi tidak hadir, sidang pra-peradilan kasus BG di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (2/2), ditunda sampai pekan depan.

“Menunda sidang ini untuk memanggil kembali KPK. Maka sidang ini ditunda hingga pekan depan, Senin tanggal 9 Februari 2015,” tegas Hakim Tunggal Sarpin Rizaldi di ruang sidang.

“Saya perintahkan juru sita PN Jakarta Selatan untuk memanggil yang bersangkutan (KPK).”

“Pekan depan akan dilakukan secara maraton mengingat sidang pra-peradilan terbatas waktu minimal tujuh hari setelah berkas diperiksa.”

Belum diketahui apa alasan KPK tidak menghadiri sidang pra-peradilan Kasus BG ini. Yang pasti, pada Kamis pekan lalu, Tim Kuasa Hukum BG mengubah materi gugatan.

Putusan ini akan berpengaruh pada istana. Pasalnya, Presiden Joko Widodo telah menunda pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri sambil menunggu putusan hukum. Oleh DPR, Presiden Jokowi diberi waktu 20 hari setelah pencalonan Budi Gunawan diterima dalam paripurna. Tenggat 20 hari itu akan jatuh pada 4 Februari (Rabu).

Apa yang kemudian akan diputuskan Presiden Joko Widodo? Melantik Komjen Pol Budi Gunawan sebagai Kapolri atau membatalkan?

sh/jotz

Comments are closed.