[FORUM] KPK Bubar, Megawati Aman dari Skandal BLBI

Cover Majalah FORUM Keadilan edisi 40
Cover Majalah FORUM Keadilan edisi 40

Sikap lamban Presiden Joko Widodo menyelesaikan kemelut Polri-KPK membuat banyak pihak geregetan. Padahal akibat kemelut tersebut KPK terancam bubar atau setidaknya lumpuh. Bila KPK bubar, maka sejumlah kasus yang sedang diselidiki KPK, seperti skandal BLBI, praktis berhenti, dan Megawati Soekarnoputri aman.

Kamis, 5 Februari 2015. Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekaligus juru bicara KPK, Johan Budi, menggelar jumpa pers. Johan menyampaikan adanya keresahan di kalangan pegawai lembaga anti rasuah tersebut terkait persoalan yang mendera para pimpinan mereka. Intinya, para pegawai mengkhawatirkan KPK dalam waktu dekat terancam akan lumpuh bila tidak ada sikap tegas dari Presiden Joko Widodo.

Pimpinan KPK tinggal empat orang setelah Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas, pensiun. Dari empat pimpinan tersebut, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto sudah dinyatakan Bareskrim Mabes Polri sebagai tersangka dalam perkara kesaksian palsu di Mahkamah Konstitusi (MK) saat menjadi pengacara. Tiga pimpinan tersisa,Ketua KPK Abraham Samad dan dua wakilnya, Adnan Pandu Pradja dan Zulkarnain sudah dilaporkan pula ke Mabes Polri.

Menurut Johan, bila mengacu pada pasal 32 ayat 2 UU 30/2002 tentang KPK, pimpinan KPK yang menjadi tersangka akan diberhentikan sementara oleh Presiden. Jika benar seluruh pimpinan KPK akan menjadi tersangka, mengingat tiga pimpinan tersisa sudah dilaporkan ke Bareskrim Mabes Polri, maka KPK sudah bisa dipastikan tidak bisa beroperasi lagi karena sudah tidak memiliki pucuk pimpinan sebagai penanggungjawab seluruh kegiatan. “Jika pimpinan KPK diberhentikan satu persatu maka faktanya KPK akan lumpuh dan apa yang terjadi dengan fungsi dan tugasnya. Ada ratusan kasus yang saat ini ditangani KPK,” ujarnya.

Jika memang kondisi ekstrim itu terjadi, kata Johan, sebagian pegawai KPK akan menonaktifkan diri. Langkah itu diambil lantaran KPK, tempat mereka bekerja sudah tidak dapat lagi beroperasi. “Memang ada opsi dari sebagaian pegawai KPK kalau memang lembaga ini tak bisa beroperasi, maka pilihannya adalah mengembalikan mandat ini kepada presiden. Ini sebagian ya yang saya tahu. Saya tidak bisa mewakili seluruhnya,” kata Johan lagi.

Selengkapnya di Majalah FORUM Keadilan edisi 40 terbit Senin pekan depan. Untuk mendapatkan secara online silakan klik logo berikut:
scoop 200x48 wayang 200x48

Comments are closed.