Turki Ancam Tutup Facebook

Demo karikatur Nabi Muhammad. (ibtimes.com)
Demo karikatur Nabi Muhammad. (ibtimes.com)

Ankara, ForumKeadilan.com – Turki mengancam untuk menghentikan akses ke seluruh laman Facebook, apabila situs sosial media populer itu tidak menghapus sejumlah halaman yang dinilai menghina Nabi Muhammad. Pengadilan Turki pun telah menurunkan perintah tersebut kepada pihak Facebook.

Menyusul permintaan dari jaksa, pengadilan Turki mengeluarkan perintah tersebut pada Minggu (25/1) waktu setempat. Demikian sebagaimana dilansir penyiaran Turki, TRT. Kendati demikian, belum seorang pun dari Facebook menanggapi perintah dan ancaman tersebut.

Hal tersebut merupakan langkah terkini untuk menindak bahan dipandang menyinggung perasaan keagamaan di negara dengan sebagian besar Muslim itu, tempat pemerintahan Presiden Tayyip Erdogan dilihat berhaluan Islam.

Pada awal bulan ini, jaksa melancarkan penyelidikan terhadap koran pencetak ulang bagian dari mingguan satire Prancis, Charlie Hebdo, yang beberapa waktu lalu mendapat serangan yang menewaskan sekitar 12 orang karyawannya.

Meskipun begitu, usai mendapat serangan, majalah minggu satire itu tetap “bandel” dan menampilkan karikatur Nabi Muhammad di covernya. –blc-

Comments are closed.