Presiden Wigan Athletic Dihukum Enam Pekan

Dave Whelan dihukum karena merendahkan orang China dan Yahudi. (sportal.com.au)
Dave Whelan dihukum karena merendahkan orang China dan Yahudi. (sportal.com.au)

London, ForumKeadilan.com – Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) menjatuhkan hukuman kepada Presiden Wigan Athletic, Dave Whelan untuk menjauhi semua aktivitas sepakbola selama enam minggu. Whelan juga didenda sebesar GBP50.000.

Whelan diperingatkan untuk memperbaiki masa depannya dan diperintahkan untuk menjalani program pendidikan setelah membuat komentar ofensif tentang orang China dan orang-orang Yahudi dalam sebuah wawancara dengan surat kabar bulan lalu.

Pengusaha 78 tahun itu memiliki tujuh hari untuk mengajukan banding. The Independent Regulatory Commission akan mempublikasikan alasan-alasan tertulis secara penuh sebelum akhir Kamis, tetapi diketemukan fakta bahwa Whelan bukan seorang rasis.

Whelan, yang mendapatkan hukuman dari FA, berada di bawah kritik keras setelah menggunakan istilah merendahkan bagi orang-orang China dan membuat komentar ofensif tentang komunitas Yahudi.

“Kami puas atas bukti kami sebelumnya bahwa Mr Whelan tidak rasis,” bunyi salah satu pernyataan FA.

“Kami sama-sama puas dengan bukti sebelumnya bahwa Mr Whelan tidak berniat untuk mencari masalah atas komentarnya. Jelas bahwa dia sendiri sangat kecewa dengan kata-kata yang digunakannya dan dia bergerak sangat cepat untuk meminta maaf secara terbuka, mengaku bersalah dan mulai menebus kesalahan.”

Whelan telah mengancam untuk meninggalkan perannya sebagai Presiden Wigan apabila FA benar-benar mendapatinya bersalah. blc

Comments are closed.