Pentingnya Membayar Pajak bagi Masyarakat

Kantor Ditjen Pajak. (FORUM/Abdul Farid)
Kantor Ditjen Pajak. (FORUM/Abdul Farid)

Forumkeadilan.com | Pajak adalah salah satu cara pemerintah mendapatkan dana untuk biaya pembangunan, pendidikan, dan kesehatan. Namun sayangnya masih belum banyak masyarakat yang sadar atau bahkan taat untuk membayar pajak. Oleh karena itu masih perlu ada tindak lanjut dari pemerintah untuk mengajak masyarakat agar sadar akan pentingnya membayar pajak. Hal tersebut disampaikan oleh Budi Gunawan, Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang.

Budi mengatakan bahwa dirinya mencoba mengajak masyarakat, khususnya bagi mereka yang berada di kota padang dan sekitarnya, untuk sadar akan pentingnya membayar pajak sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat. “Kami selalu ada mengadakan kelas untuk mengedukasi masyarakat, baik itu pelaku usaha kecil maupun besar, mulai dari cara mengisi formulir pelaporan sampai pada pembayaran pajak. Kami sengaja sediakan ruangan di kantor kami untuk kegiatan tersebut,” kata Budi.

Menurut Budi, banyak masyarakat yang tertarik untuk mengikuti kelas yang diadakan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang. “Banyak dari mereka yang sangat antusias untuk mengikuti kelas kami,” lanjutnya. “Pajak itu bukan lah hal yang seharusnya ditakuti, karena pembangunan infrastruktur itu biayanya berasal dari pajak,” tambah Budi.

Selain mengadakan kelas, Budi mengaku bahwa pihaknya melkukan kunjunang pada perusahaan atau instansi yang memiliki jumlah karyawan yang banyak untuk mengisi SPT bersama. “Kami datangi mereka untuk kumpul bareng dan melakukan pengisian SPT bersama-sama. Dengan demikian dari sisi kepatuhannya ada peningkatan dan bagi masyarakat pun urusan pajaknya jadi selesai.”

Yosdian Adi, General Manager Finance & Commercial PT Mitra Kerinci, menyampaikan testimoninya bahwa pajak tidak membuat perusahaan menjadi merugi. “Setiap perusahaan pasti ada urusan untuk membayar pajak. Kalau di tempat lain biasanya urusan pajak itu menggunakan jasa konsultan pajak dan prosesnya sangat rumit. Kalau yang kami alami di sini tim dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang yang datang ke kantor kami untuk membantu dalam menangani urusan pajak di perusahaan kami. Menurut kami hal seperti ini jadi sangat membantu, karena di perusahaan kami jumlah transaksinya besar dan memiliki keterbatasan sumber daya manusia,” papar Yosdian.

“Tim dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang ini membantu kami. Misalnya uang pajak kami salah masuk rekening, yang harusnya masuk rekening di sini malah masuk ke jakarta. Tim ini lah yang membntu kami dan turun tangan, bahkan yang dari jakarta kami tidak dihiraukan dan tim ini yang membantu kami. Jadi jangan takut untuk membayar pajak.” punkas Yosdian.

Comments are closed.