Bursa Calon Ketua Umum PSSI Diramaikan 11 Nama

PSSI

Jakarta, ForumKeadilan.com – Sebanyak 11 nama bakal calon (balon) ketua umum PSSI periode 2015-2019 siap untuk bertarung menjadi orang nomor satu di induk sepak bola Indonesia. Sebelumnya, Komite Pemilihan telah mengumumkan nama-nama bakal calon ketua umum dan wakil serta anggota Komite Eksekutif.

Pendaftaran untuk posisi-posisi itu sendiri telah ditutup pada 21 Januari 2015. “Setelah pendaftaran kami tutup pada 21 Januari 2015 pukul 00.00 WIB. Bakal calon ketua umum yang mendaftar tercatat 11 nama, bakal calon wakil ketua umum ada 29 nama dan bakal calon anggota komite eksekutif ada 147 nama,” terang Ketua Komite Pemilihan, Dhimam Abror Djuraid saat konferensi pers di Kantor PSSI di Jakarta, Kamis, sebagaimana dikutip Antara.

Tercatat hanya tiga nama yang baru memenuhi syarat dari 11 nama yang mendaftar balon ketum PSSI, sementara baru terdapat lima balon waketum yang telah melengkapi syarat administrasi. Sedangkan balon komite eksekutif baru 12 yang memenuhi persyaratan.

Bagi balon yang belum memenuhi persyaratan administrasi, Komite Pemilihan memberikan kesempatan hingga 11 Februari pukul 00.00 WIB untuk melengkapi persyaratan. “Kami mengacu pada aturan electoral code dan statuta PSSI Pasal 11 ayat 1, 2 dan 3 Tentang Bakal Pencalonan,” ungkap Dhimam.

Syarat administratif yang harus dipenuhi oleh balon, antara lain foto diri, riwayat hidup, Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dan surat keterangan bebas melakukan pidana. Sementara itu, syarat dasar penting untuk menjadi balon ketua umum adalah usia minimal 30 tahun dan aktif di ruang lingkup PSSI selama lima tahun.

Berikut nama-nama balon ketum PSSI yang mendaftarkan diri ke Komite Pemilihan: Achsanul Qosasi, Bernhard Limbong, Tonny Aprilani, Erwin Dwi Budiawan, Subardi, Joko Driyono, La Nyalla M Mattalitti, Muhammad Zein, Djohar Arifin Husin, Sarman, Syarif Bastaman. Menurut Dhimam dari keseluruhan nama yang masuk, terdapat sejumlah nama yang belum melengkapi syarat administrasi.

Sebanyak tiga nama yang memenuhi syarat menjadi balon ketua umum PSSI, yakni Bernhard Limbong, Subardi dan La Nyalla M. Mattalitti. -blc/ant-

Comments are closed.