Tontowi/Debby Petik Hikmah di Hong Kong

ForumKeadilan.com, Kowloon – Kali ini tak ada kejutan datang dari pasangan dadakan Tontowi Ahmad/Debby Susanto. Pada laga perempat final Hong Kong Open Super Series 2014, Tontowi/Debby harus mengakui keunggulan Xu Chen/Ma Jin (Tiongkok), 17-21, 14-21.

Tontowi/Debby sebetulnya sudah mengawali permainan dengan baik di game pertama saat unggul jauh 7-2. Pasangan penghuni pelatnas prestasi ini juga menutup interval game pertama dengan skor meyakinkan 11-5. Namun Xu/Ma yang merupakan unggulan kedua, perlahan tapi pasti mengejar perolehan skor. Sejak terjadi kedudukan imbang 16-16, Xu/Ma semakin percaya diri dan mengambil alih irama permainan.

“Padahal kami sudah memimpin di game pertama, tetapi sayangnya di poin-poin terakhir kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Di game kedua juga sama, kami terlalu mudah mengangkat bola dan ini menguntungkan buat lawan untuk menyerang dan mengatur permainan,” ucap Debby ketika ditanya soal pertandingan.

“Kami merasa sudah bermain dengan benar di game pertama, kami menerapkan strategi yang sama saat saya dan Liliyana (Natsir) menang atas Xu/Ma di French Open 2014. Tetapi kami kurang sabar di game kedua dan terburu-buru. Ini jadi bumerang, kami jadi banyak melakukan kesalahan sendiri. Selain itu kami juga kurang tenang, apalagi lawannya pasangan kelas dunia yang tidak mudah untuk dimatikan,” Tontowi menjelaskan.

Meskipun belum berhasil mempersembahkan tiket semifinal bagi tim Merah-Putih, namun pencapaian Tontowi/Debby cukup baik. Dalam perjalanan ke perempat final, pasangan ini sempat membuat kejutan dengan mengalahkan unggulan kedelapan asal Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi pengalaman buat saya dan Debby. Semoga kami bisa mengambil pelajaran untuk kedepannya. Kalau ditanya soal puas atau tidak dengan hasil di turnamen ini, buat kami yang penting adalah memetik hikmah dari uji coba ini,” pungkas Tontowi.

Comments are closed.