Martino Puji Permainan Kroasia di Paruh Kedua

London, ForumKeadilan.com – Pelatih tim nasional Argentina, Gerardo Martino mengungkapkan bahwa permainan Kroasia dalam pertandingan melawan timnya makin berkembang di paruh kedua. Laga persahabatan yang berlangsung di markas West Ham United, Upton Park, Kamis (13/11) dinihari WIB, tersebut berakhir 2-1 untuk Tim Tango.

“Pada babak kedua, tim berkembang, mereka semakin konsisten,” tegas Martino, dikutip Reuters. “Kami masih harus memperbaiki banyak hal, namun terdapat aspek-aspek positif dan salah satunya tidak diragukan lagi adalah keterlibatan Tevez.”

Penalti Lionel Messi membawa Argentina menang 2-1 atas Kroasia setelah tim Amerika Selatan itu tertinggal lebih dulu. Messi mencetak gol dari eksekusi penalti pada menit ke-57, setelah Aguero dilanggar oleh kiper Lovre Kalinic.

Gelandang Anas Sharbini membawa Kroasia unggul terlebih dahulu, mereka mampu mempertahankannya sampai tiga menit setelah turun minum, ketika tembakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan bek kiri Ansaldi berubah arah karena mengenai lengan bawah Aguero dan masuk ke gawang tim Eropa itu.

“Mereka memiliki banyak pemain berkelas dunia dan memiliki banyak peluang untuk mencetak gol,” kata pelatih Kroasia Niko Kovac kepada para pewarta.

Carlos Tevez, yang saat masuk menggantikan Aguero pada menit ke-62 mendapatkan sambutan meriah dari para penggemar mantan klubnya West Ham untuk memainkan penampilan perdananya di timnas sejak 2011, memiliki satu peluang yang melebar ketika Argentina berupaya memperbesar keunggulan.

Namun Kroasia, yang mengistirahatkan sejumlah pemain untuk persiapan pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 melawan Italia, terus mengancam melalui permainan operan cepat mereka. Upaya Messi menghantam tiang gawang pada akhir serangan dari lini tengah, ketika pertandingan memasuki sepuluh menit terakhir.

Kemenangan ini membalas dendam atas kekalahan 2-3 dari Kroasia di Basel pada pertandingan pemanasan Piala Dunia 2006, di mana Messi dan Tevez saat itu menyumbang gol untuk Argentina.

Pasangan bek tengah Argentina Federico Fazio dan Santiago Vergini yang sebelumnya tidak pernah diuji, kali ini mendapat masalah dengan serangan balik cepat Kroasia. Sharbini menyambar bola mendatar dari kanan dan melepaskan tembakan melewati Romero ke sudut bawah gawang, untuk membawa Kroasia unggul.

“Gol mereka indah. Mereka memberi tekanan terhadap sayap kiri kami dan ketika bola silang dilepaskan, terdapat orang (pemain) di sisi kanan,” kata Martino.

Serangan kelas dunia Argentina, ketika Messi bermain di posisi melebar pada sektor kanan, mulai memperlihatkan kemampuan-kemampuan individualnya dan Aguero mendapatkan tiga peluang, yang pertama didapat dari operan tumir Angel di Maria.

Romero mengirim bola panjang dan Aguero menguasainya, berbelok, dan melepaskan temabakan keras ke sudut gawnag, namun Kalinic masih mampu melakukan penyelamatan. -reu/ant-

Comments are closed.