Kompetisi Peradilan Semu Perdata Piala Bulaksumur Kembali Digelar

Setelah pada tahun 2012 Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada sukses menyelenggarakan Kompetisi Peradilan Semu Perdata Tingkat Nasional Piala Bulaksumur. Tahun ini Kompetisi Peradilan Semu Perdata Piala Bulaksumur II kembali diselenggarakan pada tanggal 21-24 November 2014dengan mengusung tema besar yakni:

Berkarya Untuk Masa Depan: Menjadi Pionir dalam Pengembangan dan Penegakan Hukum Perdata di Indonesia”.

Pada penyelenggaraannya yang kedua ini Piala Bulaksumur mencoba mengemas kegiatan kompetisi peradilan semu perdata ini ke dalam beberapa kegiatan seperti seminar, kompetisi peradilan semu, perebutan juara, penutupan, serta city trip. Rangkaian kegiatan ini juga diselenggarakan di beberapa tempat berbeda seperti Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, Pengadilan Negeri Sleman, Fakultas Hukum UGM, serta para peserta akan dikumpulkan dan menginap di The Rich Sahid Hotel, Yogyakarta.

Kompetisi Piala Bulaksumur II merupakan kompetisi peradilan semu perdata yang cukup dipandang di ranah MCC nasional, sehingga pada tahun ini panitia berupaya menghadirkan dewan juri yang sangat berkompeten dan tidak diragukan lagi kualitasnya seperti Ketua Umum Peradi (Prof. Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.H.), wakil ketua PN Palembang (Albertina Ho. S.H. ), dan Guru Besar hukum Perdata FH UGM (. Dr. Siti Ismijatie Jenie, S.H., CN.).

Selain dewan juri yang berkelas, MCC Piala Bulaksumur II tahun ini juga mengumpulkan 11 peserta serta 3 observer yang seluruhnya berasal dari fakultas hukum yang berkualitas di seluruh Indonesia. Adapun para peserta terdiri dari Universitas Sebelas Maret Surakarta; Universitas Katholik Atma Jaya Jakarta; Universitas Indonesia; Universitas Tarumanegara Jakarta; Universitas Hasanuddin Makassar; Universitas Negeri Semarang; Universitas Muhammadiyah Yogyakarta; Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon; Universitas Katholik Parahyangan Bandung; Universitas Jendral Soedirman; dan Universitas Kristen Maranatha Bandung. Dan observer yakni Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Udayana Denpasar Bali, dan Universitas Trisakti Jakarta.

Pemilihan bidang hukum perdata sebagai bidang kompetisi ini didasarkan pada kepedulian FH UGM untuk meningkatkan kemampuan keilmuan maupun kemampuan penelitian mahasiswa fakultas hukum dalam bidang perdata serta menambah variasi bidang hukum kompetisi peradilan semu di Indonesia. Melalui kegiatan ini FH UGM berharap dapat menjadi wadah untuk mewadahi generasi muda melakukan hal-hal yang positif guna menunjang perkembangan bangsa.

Comments are closed.