Dua Gol Vela Tumbangkan Belanda

Amsterdam, ForumKeadilan.com – Striker tim nasional Meksiko, Carlos Vela menyumbangkan dua gol pada penampilan internasional pertamanya sejak 2011, ketika Meksiko membalas dendam atas tersingkirnya mereka secara kontroversial di Piala Dunia 2014, dengan menang 3-2 atas Belanda di Amsterdam, Kamis (13/11) dinihari WIB.

Vela membawa tim tamu unggul melalui golnya pada menit kedelapan dan menambahi gol kedua pada menit ke-60, setelah Wesley Sneijder sempat menyamakan kedudukan melalui sepakan jarak jauh.

Javier Hernandez menggiring bola melewati kiper Tim Krul untuk menambahi gol ketiga dengan penyelesaian sederhana pada menit ke-69, sebelum tembakan jarak jauh Daley Blind lima menit kemudian mengurangi ketertinggalan tim Belanda.

Kekalahan ini menambah tekanan terhadap pelatih Belanda Guus Hiddink, di mana kekalahan pada Rabu ini merupakan kekalahan keempat dari lima pertandingan sejak mereka menduduki peringkat ketiga di Piala Dunia.

Vela tidak bermain untuk negaranya sejak Maret 2011 menyusul skors enam bulan dari Federasi Sepak Bola Meksiko karena pelanggaran disiplin.

Penyerang Real Sociedad itu kemudian berulang kali menolak panggilan timnas menyusul hukuman tersebut.

Pertandingan ini merupakan ulangan dari kemenangan kontroversial 2-1 yang didapat Belanda atas Meksiko pada putaran 16 besar Juni silam.

Setelah unggul 1-0 dengan dua menit waktu pertandingan tersisa di Brasil, Meksiko kalah 1-2 menyusul gol-gol larut dari Sneijder dan Klaas-Jan Huntelaar, yang mengonversi penalti setelah Arjen Robben terlihat berpura-pura terjatuh.

Hiddink melakukan perubahan pada susunan tim yang diturunkan Rabu, dari tim yang secara mengejutkan kalah 0-2 dari Islandia pada kualifikasi Piala Eropa 2016 bulan lalu, di mana hanya Blind, Ibrahim Affelay, Sneijder, dan Robben yang dipertahankan sebagai pemain inti.

Pada pekan lalu Hiddink, pada masa kerja keduanya sebagai pelatih Belanda, berkata pada konferensi pers bahwa ia akan mengundurkan diri jika Belanda gagal mengalahkan Latvia pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 yang berlangsung pada Minggu – hanya tiga bulan setelah menggantikan Louis van Gaal sebagai pelatih timnas.

Belanda menghuni peringkat ketiga pada Grup A kualifikasi Piala Eropa 2016, tertinggal enam angka dari dua tim pemuncak klasemen Islandia dan Republik Ceko. -reu/ant-

Comments are closed.