Dua Andalan Indonesia Tembus Semifinal

ForumKeadilan.com, Kowloon – Kemenangan pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menambah wakil Indonesia ke babak semifinal Hong Kong Open Super Series 2014. Sebelumnya satu tiket babak empat besar sudah lebih dulu diamankan pasangan ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari.

Hendra/Ahsan melangkah mulus ke semifinal dengan memetik kemenangan dua game langsung atas wakil Jepang, Kenta Kazuno/Kazushi Yamada, 21-12, 21-15.

“Lawan banyak melakukan error, kami pun memang banyak menyerang lebih dulu. Tidak seperti saat pertandingan di perempat final dimana kami banyak buang poin jadi sering terkejar oleh lawan. Kualitas permainan pasangan ini memang masih dibawah ganda andalan Jepang, (Hiroyuki) Endo/(Kenichi) Hayakawa,” kata Hendra yang dijumpai di stadion Hong Kong Coliseum.

Di partai semifinal, Hendra/Ahsan akan bertemu dengan pasangan non unggulan dari Denmark, Mads Pieler Kolding/Mads Conrad-Petersen. Kedua pasangan tercatat pernah satu kali bertemu di kejuaraan BCA Indonesia Open Super Series Premier 2014, kala itu Hendra/Ahsan menang straight game, 23-21, 21-11.

“Pasangan Denmark ini punya postur tubuh yang tinggi, mereka pukulannya tajam-tajam. Kami harus mewaspadai hal ini dengan merapatkan pertahanan,” ucap Ahsan kepada laman Badminton Indonesia.

Banyak kejutan mewarnai sektor ganda putra di turnamen ini. Sederet pasangan unggulan telah tersingkir di babak-babak awal seperti Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong (Korea), Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin (Taiwan), Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa (Jepang) dan sebagainya. Ketika ditanya soal peluang merebut gelar di turnamen ini, Hendra/Ahsan mengaku kalau kans mereka lebih terbuka dengan kandasnya para unggulan, namun mereka tak ingin bepikir terlalu jauh ke final, melainkan fokus di satu demi satu pertandingan.

“Kami lebih yakin, memang ada kesempatan untuk meraih gelar juara, tetapi masih banyak juga kok pasangan ganda putra yang bagus-bagus tersisa. Kami juga mau fokus satu demi satu pertandingan. Lawan di semifinal dulu yang dipikirkan,” jelas Hendra ketika ditanya pendapatnya.

Sementara itu di sektor ganda putri, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari juga mengaku siap untuk kembali berhadapan dengan wakil dari Jepang. Di turnamen ini, Greysia/Nitya sudah tiga kali berduel dengan wakil Negeri Sakura. Di babak pertama, keduanya mengalahkan Shizuka Matsuo/Mami Naito, di perempat final hari ini giliran Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda yang jadi korban. Sedangkan di semifinal yang akan berlangsung Sabtu (22/11), Greysia/Nitya akan berhadapan dengan ganda putri terbaik Jepang yang juga unggulan pertama, Ayaka Takahashi/Misaki Matsutomo.

“Kami siap untuk melawan wakil Jepang lagi, walaupun di perempat final juga berhadapan dengan wakil Jepang. Memang hari ini capek, besok ya bertarung lagi, mau lawan Jepang lagi juga ayo. Kami mau menikmati satu demi satu pertandingan,” ujar Greysia soal laga semifinal. (pbsi)

Berikut hasil lengkap pertandingan pemain Indonesia di babak perempat final Hong Kong Open Super Series 2014 :

Ganda Putra
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (2/INA) vs Kenta Kazuno/Kazushi Yamada (JPN) 21-12, 21-15

Ganda Putri
Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari (7/INA) vs Reika Kakiiwa/Miyuki Maeda (3/JPN) 21-15, 23-21

Ganda Campuran
Tontowi Ahmad/Debby Susanto (INA) vs Xu Chen/Ma Jin (2/CHN) 17-21, 14-21
Riky Widianto/Richi Puspita Dili (INA) vs Lu Kai/Huang Yaqiong (5/CHN) 18-21, 14-21

Comments are closed.