Desember Uji Coba Pembatasan Motor di Jakarta

Suasana Jalan Jakarta (shiromotorsport.blogspot.com)
Suasana Jalan Jakarta (shiromotorsport.blogspot.com)

Jakarta — Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Pemerintah dan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta akan melakukan uji coba pembatasan sepeda motor di ruas jalan Merdeka Barat hingga Bundaran Hotel Indonesia pada awal Desember.

“Sepeda motor akan dilarang melewati jalur tersebut, namun akan disediakan kendaraan bus gratis yang setiap lima hingga 15 menit jalan. Bus ini sebagai kompensasi karena kendaraan motornya tidak bisa masuk melalui jalur itu,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kombes Pol Rikwanto di Jakarta, Senin (10/11).

Rencana pembatasan ini dilakukan untuk menciptakan keamanan dan keselamatan berkendara serta mempersiapkan pelaksanaan “electronic road pricing” atau ERP.

Rikwanto mengatakan tahapan ujicoba dimulai dari bulan November dengan memersiapkan aturan verbal, perambuan dan sosialisasi sebelum uji coba dilaksanakan pada pekan kedua Desember.

Pemberlakuan rencana ini selama 24 jam untuk semua kendaraan roda dua, sementara pertimbangan lainnya adalah di sepanjang lokasi uji coba mempunyai jalur alternatif yang bisa melalui Tanah Abang maupun jalur Sabang.

Lokasi ujicoba akan bertambah sampai seluruh ruas jalan Sudirman-Thamrin hingga Gajah Mada-Hayam Wuruk, disesuaikan dengan kesiapan pemerintah menyiapkan angkutan publik.

“Jadi ada tiga lokasi yang dapat dijadikan sebagai tempat parkir yaitu lapangan parkir Carrefour Duta Merlin, IRTI Monas serta lapangan parkir gedung Sarinah,” katanya.

Dia menambahkan bus yang akan digunakan untuk mengangkut warga ketika sepeda motornya diparkir sudah tersedia.

Ant/KAP

Comments are closed.