Barcelona Gigit Jari di Kandang Sendiri

ForumKeadilan.com, BARCELONA – Debut kandang Luis Suarez untuk Barcelona berakhir dengan hasil mengecewakan. El Barca secara mengejutkan takluk ketika gol semata wayang Joaquin Larrivey membawa Celta Vigo menang 1-0 di Camp Nou, Barcelona, Minggu (1/11) malam waktu setempat.

Seperti saat melakukan debutnya melawan Real di Bernabeu pada akhir pekan silam, Suarez dibuat frustrasi ketika upaya gol Barca empat kali mengenai tiang gawang dan beberapa kali digagalkan oleh penampilan gemilang kiper Celta, Sergio Alvarez.

Neymar melepaskan tembakan yang membentur mistar gawang, namun Celta menikmati banyak penguasaan bola dan semestinya dapat unggul lebih cepat jika mereka tidak menyia-nyiakan bola terakhir.

Barca mulai menggebrak pada pertengahan babak pertama dan hanya penyelamatan gemilang Alvarez yang menggagalkan Lionel Messi menyamai rekor pencetak gol terbanyak Liga Spanyol sepanjang masa, ketika upayanya menyambar umpan tarik Neymar dapat digagalkan.

Bahkan ketika Messi telah menaklukkan kiper Celta beberapa saat kemudian, peluangnya gagal berbuah gol ketika Jonny meluncur untuk menyapu bola meski sentuhannya sedikit berbau keberuntungan, sebab bola masih sempat mengenai mistar gawang.

Messi melepaskan tandukan saat dirinya tidak terkawal dari umpan silang Suarez, dan Alvarez melakukan serangkaian penyelamatan untuk menggagalkan peluang Suarez dan Neymar sebelum trun minum.

Neymar kemudian menyambar umpan tarik Jordi Alba, namun bola kembali membentur mistar gawang, dan Barca akhirnya kemasukan pada menit ke-55 saat sepakan tumit brilian Nolito dapat diteruskan Larrivey menjadi gol semata wayang.

Pelatih Barca Kuis Enrique memasukkan Xavi dan Pedro sebagai upayanya untuk mengubah peruntungan, dan dari umpan silang Pedro, Suarez membuang peluang emas untuk mencetak gol perdana bagi klubnya saat ia menanduk bola yang tertuju lurus ke penguasaan Alvarez.

Celta memiliki peluang emas untuk mengunci tiga angka ketika Charles menanduk bola yang masih melambung meski gawang Barca sedang tidak terkawal, setelah Bravo dengan brilian menggagalkan sepakan voli Nolito.

Dan mereka memerlukan satu keajaiban terakhir dari Alvarez untuk mengunci tiga angka, ketika ia menggagalkan peluang Suarez lima menit sebelum pertandingan usai.

Kemenangan ini merupakan yang pertama buat Celta Vigo setelah menunggu selama 73 tahun. -ant/blc-

Comments are closed.