Tommy Sugiarto Pulang Lebih Dini

ForumKeadilan.com, Odense – Wakil Indonesia, Tommy Sugiarto terpaksa pulang lebih dini seusai tersingkir di babak pertama Denmark Open Super Series Premier 2014 dari Tian Houwei (China), dalam dua game langsung 14-21, 14-21.

Kekalahan tersebut diakui Tommy sangat mengecewakan untuknya, apalagi sebelumnya dia juga kalah dari Tian di Korea Open Super Series 2014. Penampilan Tommy memang bisa dibilang under-performed.

Tommy yang biasanya unggul dengan reli-reli panjang ini terlihat beberapa kali gagal adu reli dengan Tian yang terkenal sebagai pemain menyerang. Tommy juga sering melakukan kesalahan-kesalahan sendiri, termasuk banyak memberikan kesempatan buat Tian untuk mematikan bola.

Tertinggal jauh 3-11 di game kedua, Tommy berupaya untuk mengejar ketertinggalannya. Usahanya pun berhasil, dia memperkecil selisih perolehan angka menjadi 14-17. Namun lagi-lagi Tommy tak dapat meredam pergerakan Tian yang begitu agresif melakukan serangan bertubi-tubi. Pertahanan Tommy yang biasanya rapat pun harus terbelah dengan smash keras Tian, pemain rangking 14 dunia.

“Dari awal saya salah menerapkan strategi permainan, saya merasa tampil jauh dari performance terbaik saya. Setelah BWF World Championships 2014, penampilan saya terus menurun, saat ini saya sedang mencoba kembali back on track,” ujar Tommy kepada Badmintonindonesia.org.

“Tentunya saya kecewa dan hasil ini diluar ekspektasi saya, saya sedih harus kalah di babak pertama. Namun lawan memang tampil bagus, terutama di serangannya, saya seolah mudah memberi poin untuk dia, sementara saya sulit sekali mendapatkan poin. Saat sudah reli dan mendpat kesempatan untuk meraih angka, saya kembali ragu-ragu dan mainnya kendor lagi,” tambah Tommy kini duduk di peringkat lima dunia.

Dengan kekalahan Tommy, maka nomor tunggal putra tinggal menyisakan Dionysius Hayom Rumbaka yang mewakili klub Djarum. Hayom akan bertarung di babak pertama melawan unggulan keenam, juga dari Tiongkok, Wang Zhengming. Indonesia hanya mengirim dua wakil tunggal putra, Simon Santoso yang awalnya dijadwalkan untuk berangkat, terpaksa batal tampil karena masih dalam tahap recovery dari penyakit demam berdarah. pbsi

Comments are closed.