Praveen/Debby Tersandung Faktor Non-Teknis

ForumKeadilan.com, Odense – Faktor non teknis kembali menjadi batu sandungan buat pasangan Praveen Jordan/Debby Susanto dalam menghadapi peraih medali emas Olimpiade London 2012 asal China, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Pada pertemuan ketiga di babak kedua Denmark Open Super Series Premier 2014, Praveen/Debby kembali dihadang pasangan rangking satu dunia tersebut dengan skor 15-21, 20-22.

Praveen/Debby mengaku tampil kurang tenang di laga perebutan tiket perempat final ini, terutama di game kedua saat adu setting. Berhasil meraih game point pada kedudukan 20-18, Praveen/Debby tak dapat menutup game dan ‘memperpanjang nafas’ hingga game ketiga. Zhang/Zhao yang terus menekan, berhasil meraih empat poin berturut-turut dan memenangkan pertandingan.

“Dari awal permainan, saya terlalu ingin menang, jadi saya merasa bola-bolanya kurang akurat semua. Semangat membara, tetapi malah pukulannya yang kurang bagus. Emosi yang terlalu positif kalau berlebihan ternyata juga hasilnya tidak bagus, jadinya negatif. Kalau tenang saja sepertinya bisa menang,” kata Praveen yang tak dapat menyembunyikan kekecewaannya usai laga berakhir.

“Di game pertama memang Praveen terlalu menggebu-gebu karena terlalu bersemangat. Di game kedua sebetulnya sudah bisa mengontrol sampai kami memimpin di angka 20-18. Saat kami mengejar, lawan sempat panik dan membuat kesalahan-kesalahan sendiri, tetapi di poin-poin kritis kami tak dapat mengontrol emosi, seharusnya lebih sabar lagi,” ungkap Debby.

“Sebelumnya juga kejadian seperti ini, soal kontrol emosi ini masih menjadi permasalahan. Selebihnya kami merasa tidak ada masalah saat menghadapi mereka. Pelatih juga sudah mengingatkan agar kami jangan terlalu nafsu, cari kesempatan menyerang yang enak, baru serang,” Praveen melanjutkan.

Dengan hasil ini, maka tiga kali sudah Praveen/Debby ditaklukkan duo Z. Sebelumnya Zhang/Zhao juga mengalahkan Praveen/Debby di ajang India Open Super Series 2014 dan Asian Games 2014.

Saat berita ini diturunkan, Indonesia telah mengirim tiga wakil ke babak perempat final lewat Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Riky Widianto/Richi Puspita Dili (ganda campuran) serta pasangan ganda putra Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon yang baru saja menang atas Max Schwenger/Josche Zurwonne (Jerman), 21-7, 21-18. pbsi

Comments are closed.