Klub Sepakbola Spanyol Potong Utang Pajak

Madrid, ForumKeadilan.com – Klub-klub sepakbola profesional Spanyol memangkas utang mereka terhadap kantor pajak negara sekitar 200 juta euro sejak Perdana Menteri, Mariano Rajoy, menduduki jabatannya pada Desember 2011. Demikian sebagaimana diumumkan Menteri Anggaran, Cristobal Montoro pada Rabu (1/9).

“Pada awal legislatif ini, klub-klub sepakbola memiliki utang lebih dari 700 juta euro dan sekarang (utang) itu sekitar 500 juta euro,” ucapnya pada wawancara dengan radio Onda Cero.

“Apa yang telah kami kerjakan adalah meminta mereka membayar pada sektor lain. Klub-klub sepakbola merupakan perusahaan-perusahaan dan perusahaan-perusahaan ini semestinya tidak didanai oleh seluruh warga Spanyol,” tambahnya.

La Liga, liga teratas sepakbola Spanyol yang diikuti Real Madrid dan Barcelona, merupakan rumah bagi para pemain bintang seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, nama-nama pesepakbola paling populer di seluruh dunia.

Namun tim-tim sepakbola Spanyol tidak imun terhadap masalah-masalah ekonomi Spanyol, yang dimulai ketika munculnya masalah gelembung properti pada 2008, yang membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan dan menyebabkan utang publik negara itu membesar.

Otoritas-otoritas Spanyol telah memberi toleransi terhadap kendurnya keuangan klub-klub secara tradisional, karena prestis dan popularitas yang mereka bawa ke negeri itu di mana hasrat pada permainan itu sangat tinggi.

Dihantam krisis keuangan yang telah membawa Spanyol menuju resesi, pemerintahan konservatif Rajoy pada 2012 menandatangani kesepakatan dengan liga sepakbola agar hutang-hutang klub kembali dibayar secara bertahap.

Di bawah kesepakatan dari musim 2014/2015, klub-klub akan wajib mendepositkan 35 persen dari pemasukan mereka dari hak-hak televisi dengan liga, dan itu akan digunakan sebagai keamanan terhadap mereka yang gagal membayar tepat waktu kepada otoritas pajak.

Tujuan jangka panjang metode ini adalah menyelesaikan semua utang pajak klub pada 2020. ant

Comments are closed.