Hari Ini, MK Menggelar Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2014

Gedung Mahkamah Konstitusi (jurnalmetro.com)
Gedung Mahkamah Konstitusi (ilustrasi)

Jakarta, Forumkeadilan.com | Hari ini Rabu (6/8), Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang perdana perselisihan hasil pemilihan umum yang digugatkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Sidang tersebut beragendakan mendengar keterangan lisan dari pemohon terkait permohonannya. Dalam kesempatan itu, majelis hakim memberi nasihat apabila permohonan perlu perbaikan. Pemohon bakal diberi waktu 1×24 jam untuk revisi tersebut.

Sebelumnya KPU telah menetapkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pilpres 2014 dengan hasil pasangan terpilih capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla. Namun, keputusan itu digugat oleh pasangan nomor urut satu dalam pemilu presiden itu dengan dalil terjadi kecurangan yang terkait dengan 21 juta suara di 52.000 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Indonesia.

Dilain sisi menurut tim Prabowo-Hatta, pelanggaran itu berlangsung secara sistematis, terstruktur dan masif sehingga menuntut agar melakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Jika dicermati, jumlah saksi yang akan dihadirkan di persidangan MK mencapai ratusan orang dan pemeriksaan akan dilakukan di puluhan ribu TPS yang tidak sebanding dengan alokasi waktu selama proses persidangan. MK diberi waktu 14 hari kerja mulai dari sidang perdana, Rabu ini sampai memutuskan hasil sidang gugatan PHPU pada 21 Agustus 2014 mendatang. Dengan begitu keputusan majelis hakim bisa diketahui publik pada Jumat, 22 Agustus 2014.

Pemohon pun mengaku telah menyiapkan 500 saksi dan 200 pengacara untuk membuktikan pelanggaran tersebut.

(Fk/Am)

You might also like

Comments are closed.