Setahun Buron, Sumita Tobing Ditangkap Kejaksaan

Sumita Tobing (sofyan/forumkeadilan)
Sumita Tobing (sofyan/forumkeadilan)

Jakarta — Setelah dinyatakan sebagai buronan dan namanya masuk dalam Daftar Pencarian (DPO) sejak 2012, mantan Direktur TVRI Sumita Tobing akhirnya ditangkap petugas Kejaksaan, di studio JakTV, Jakarta, Kamis (13/3), pukul 11.30 WIB.

Menurut Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Adi Toegarisman, Sumita Tobing selaku terpidana kasus korupsi pengadaan peralatan di TVRI, sewaktu ia menjabat sebagai direktur utama, diringkus oleh tim jaksa gabungan dari Kejaksaan Agung bersama Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, serta Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat.

“Diamankan pada Hari Kamis, tanggal 13 Maret 2014, sekitar pukul 11.50 WIB di Kantor Pusat JakTV, komplek perniagaan SCBD, Jakarta,” ujar Adi Toegarisman kepada wartawan.

Sumita ditangkap sesuai putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) tahun 2009 yang memvonis bersalah dan menjatuhkan hukuman pidana 1 tahun 6 bulan busi dan denda Rp 250 juta subsider 6 bulan kurungan atas korupsi pengadaan peralatan di TVRI.

Namun setelah diputus bersalah, Sumita, 3 kali mangkir dari panggilan jaksa eksekutor yang hendak menjebloskannya ke dalam bui sebagaimana amar putusan kasasi MA itu. Dia beralasan tidak bisa dieksekusi karena surat eksekusi dinilainya salah.

“Yang bersangkutan telah terbukti secara sah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dalam pengadaan peralatan siar TVRI yang merugikan negara sebesar Rp 12,4 miliar dan dijatuhi pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan dan pidana denda Rp 250.000.000 subsider 6 bulan kurungan,” pungkasnya.

sofyan

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.