KPK IKLAN

“Calon Hakim Konstitusi Mengecewakan”

Bambang Soesatyo (pedomannews)
Bambang Soesatyo (pedomannews)

Jakarta — Anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo mengaku kecewa dengan seluruh calon hakim konstitusi karena belum memenuhi standar kualifikasi yang diharapkan.

“Jujur, kami Komisi III, sampai hari ini masih kecewa karena belum temukan sosok yang kita harapkan mampu wakili DPR di MK, yang miliki kualifikasi minimal seperti Mahfud MD lah,” kata Bambang di sela-sela uji kepatutan dan kelayakan CHK di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (4/3).

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, dalam uji kepatutan dan kelayakan yang digelar sejak Senin (3/3) hingga Selasa (4/3), pihaknya mengikuti dengan cermat cara CHK menjawab dan melihat sejauh mana mereka menguasai masalah konstitusi.

Bambang menilai tidak menutup kemungkinan Komisi III nantinya akan menolak semua calon.

Namun, jika tim pakar nantinya memberikan rekomendasi calon yang bisa dianggap memenuhi standar, maka Komisi III bisa mempertimbangkannya.

“Masa di negara ini tidak ada yang bagus, dua orang saja. Makanya nanti kita minta nanti tim pakar berperan aktif uber bola, cari tokoh akademisi yang mumpuni untuk mewakili DPR di MK,” ucapnya.

Komisi III DPR RI mulai Senin (3/3) hingga Rabu (5/3) melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon hakim konstitusi.

Awalnya, ada 12 nama yang mendaftar, lalu seorang mengundurkan diri dan menyisakan 11 calon lainnya. Hingga Selasa, ada delapan calon hakim yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan.

Ant/AM

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.