PELECEHAN SEKS ANAK

Uruguay Legalkan Produksi dan Penggunaan Ganja

Ilustrasi tanaman ganja. (cannabisnews.org)
Ilustrasi tanaman ganja. (cannabisnews.org)

ForumKeadilan.com – Presiden Uruguay Jose Mujica telah menandatangani rencana kontroversial otorisasi produksi, distribusi dan penjualan ganja.

Hukum memberi kewenangan kepada individu untuk menanam ganja dalam jumlah kecil dan memungkinkan pembentukan klub konsumen di bawah pengawasan negara. Sekretaris Presiden Diego Canepa membuat pengumuman pada hari Selasa (24/12) kemarin.

Setelah disahkan oleh majelis rendah Kongres pada bulan Agustus lalu, undang-undang ini disetujui oleh senator Uruguay awal bulan ini.

Di bawah undang-undang baru, orang dewasa berusia 18 tahun keatas akan dibiarkan menanam tidak lebih dari enam tanaman ganja. Mereka juga dapat membeli hingga 40 gram narkotika dari apotek per bulan.

Setelah hukum berlaku, pemerintah harus mengeluarkan aturan khusus dan peraturan untuk produksi dan penggunaan berbagai jenis ganja oleh 9 April.

Selain itu, biaya ganja akan ditetapkan pada satu dolar per gram, dimaksudkan untuk melemahkan harga saat US$ 1.40 di pasar ilegal.

Mujica mendukung undang-undang itu sebagai upaya untuk memerangi industri obat terlarang yang telah menghancurkan sebagian dari bangsa.

Sementara itu, badan PBB, International Narcotics Control Board (INCB), telah mengecam langkah pemimpin Uruguay itu, dan mengatakan hal itu bertentangan dengan hukum internasional.

Presiden INCB Raymond Yans mengatakan bahwa langkah oleh Uruguay tidak akan melindungi orang-orang muda, tetapi memiliki efek buruk yang mendorong eksperimen awal, menurunkan usia penggunaan pertama dan dengan demikian memberikan kontribusi untuk onset awal kecanduan dan gangguan lain.

Uruguay adalah negara pertama yang melegalkan produksi dan penggunaan ganja.

Meskipun konsumsi obat itu tidak dihukum sebelum legalisasi ganja, penjualan dan produksi dianggap suatu pelanggaran pidana. rmns/yus/rm/wn

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.