Garuda-ANA kerja sama codeshare dan frequent flyer

Garuda-Indonesia-dan-maskapai-penerbangan-All-Nippon-Airways..jpg

Forumkeadilan.com – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) dan All Nippon Airways (ANA) menandatangani perjanjian kerja sama codeshare agreement dan frequent flyer programe.

Kerja sama ini merupakan bagian dari upaya pengembangan jaringan penerbangan maskapai pelat merah tersebut, khususnya pada rute-rute internasional.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar menjelaskan, dengan adanya kerja sama codeshare tersebut, perseroan dapat memperluas layanannya ke beberapa kota di Jepang.

Selain Tokyo dan Osaka, penumpang Garuda juga dapat melaksanakan perjalanan bisnis maupun wisatanya ke kota besar di Jepang dengan menggunakan ANA, yaitu ke Kota Sendai, Nagoya, Chitose, Fukuoka dan Okinowa.

“Jumlah traffic penerbangan Indonesia-Jepang pada tahun ini mencapai 550.000 pergerakan penumpang, market share kita sekitar 60 persen, dengan adanya kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan jumlah penumpang sebesar 60-70 persen pada tahun depan,” kata Emirsyah dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (19/12/2013).

Perjanjian ini, kata dia, akan mulai berlaku pada Maret 2014. Di mana ANA akan mengoperasikan rute penerbangannya di Indonesia, yaitu untuk rute Haneda mulai maret 2014. Sedangkan mulai Mei 2014, ANA akan mengoperasikan rute penerbangan Narita-Jakarta.

Melalui kerja sama tersebut, para penumpang ANA dari Jepang yang hendak melakukan penerbangan ke Indonesia melalui Jakarta, dapat melakukan penerbangan lanjutan dengan Garuda Indonesia ke kota-kota besar di Indonesia, antara lain ke Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, Lombok dan Makassar.

Sementara para penumpang Garuda yang hendak melakukan penerbangan ke Jepang melalui Tokyo (Bandara Narita dan Bandara Haneda) dan Osaka (Bandara Kansai), dapat melakukan penerbangan lanjutan dengan penerbangan ANA ke beberapa kota besar di Jepang, antara lain ke Sendai, Nagoya, Chitose, Fukuoka dan Okinawa.

Kerja sama antara Garuda Indonesia dengan ANA yang meliputi kerja sama codeshare agreement pengangkutan penumpang tersebut berlaku efektif mulai 3 Maret 2014.

“Sebelumnya kami memang sempat membuka rute penerbangan menuju Denpasar, namun kami tutup. Ke depan kita akan lihat potensi pasarnya, saat ini kami fokus mengembangkan layanan penumpang dan kargo dari Jepang ke Jakarta,” ujar Presiden dan CEO All Nippon Airways, Osamu Shinobe.