Topan Haiyan Tewaskan Ribuan Orang di Filipina

Ilustrasi. (ist)
Ilustrasi. (ist)

Manila, FK – Bencana alam topan Haiyan menelan ribuan korban jiwa di Filipina. Akibat hantaman topan Haiyan, beberapa sumber menyebutkan jika sekitar 1.200 orang meninggal dunia. Haiyan dikenal sebagai salah satu topan terburuk yang tercatat dalam sejarah.

“Kami memperkirakan sekitar 1.000 orang tewas di Tacloban dan sekitar 200 orang tewas di Provinsi Samar,” terang Sekjen Palang Merah Filipina, Gwendolyn Pang. Tacloban dan Samar adalah dua kota di pinggiran pantai yang menjadi tempat persinggahan pertama Haiyan dalam perjalannya menyapu Filipina sejak Jumat lalu.

Menurut Palang Merah Filipina seperti dikutip dari CNN, data mengenai korban tewas diperkirakan akan lebih lengkap sekitar hari Minggu (10/11). “Kemungkinan data mengenai korban tewas akan meningkat setelah kami mendapatkan informasi dari daerah yang terpencil,” ujar Perwakilan UNICEF di Flipina, Tomoo Hozumi.

Hingga hari Sabtu, sebanyak 330 ribu orang masih ditampung di 1.223 pusat evakuasi. Pemerintah Filipina telah menerima tawaran bantuan dari PBB dan Amerika Serikat. Dewan Nasional Penanggulangan Bencana Filipina mengatakan lebih dari 70 ribu keluarga terkena topan Haiyan ini. Sementara ribuan rumah hancur. rmns/rmol/blc

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.