KPK IKLAN

Korban Topan Haiyan Sudah Tembus Puluhan Ribu

Manila, FK – Korban topan terburuk di dunia, Topan Haiyan atau Yolanda, sudah mencapai 10 ribu orang. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan seorang pejabat senior polisi Filipina, Minggu (10/11).

Menurut Direktur Polisi Regional Elmer Soria, pada Jumat lalu, Topan Haiyan hancurkan sekitar 70-80 persen wilayah yang dilaluinya di Provinsi Leyte. Sebagian besar kematian disebabkan naiknya air laut, yang membawa puing-puing, mirip tsunami. Akibatnya rumah-rumah dan orang-orang tenggelam.

Badan bencana nasional Filipina belum memastikan jumlah korban. Sabtu, pemerintah memperkirakan jumlah korban sedikitnya 1.000 orang. “Kami bertemu semalam dengan gubernur dan pejabat lain. Menurut perkiraan gubernur, 10 ribu orang tewas,” kata Soria seperti dikutip Reuters. “Kerusakannya sangat besar.”

Para saksi dan pejabat menggambarkan situasi Ibukota Leyte, Tacloban porak poranda. Di kota berpenduduk 220 ribu orang, dan terletak 580 kilometer tenggara Manila, ratusan jenazah tertumpuk di pinggir jalan, atau terjepit di bawah rumah-rumah yang rusak.

Mendengar kabar bencana alam tersebut, Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, telah memerintahkan Kepala BNPB, Syamsul Maarif, untuk mempersiapkan bantuan kemanusiaan korban siklon di Filipina. rmns/tmp/blc

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.