Gempa Berkekuatan 6,5SR Guncang Meksiko

Ilustrasi.
Ilustrasi.

ForumKeadilan.com – Gempa dengan kekuatan 6,5 pada Skala Richter mengguncang lepas pantai Etchoropo di Negara Bagian Sonora, Meksiko, Sabtu (19/10), demikian laporan US Geological Survey (USGS).

USGS mulanya menetapkan gempa tersebut berkekuatan 6,8 tapi belakangan menurunkannya jadi 6,5 pada Skala Richter. Sementara itu, Dinas Seismologi Nasional Meksiko mengatakan gempa tersebut memiliki kekuatan 6,3 pada Skala Richter, dan pusat gempa berada 17 kilometer di sebelah barat-laut Kota Loreto, Negara Bagian Baja California Sur.

Dinas gawat darurat di Negara Bagian Sinaloa dan Sonora di Meksiko menyatakan tak ada laporan mengenai korban jiwa dan belum jelas bagaimana gempa itu mempengaruhi Baja California Sur.

Menteri Dalam Negeri Meksiko Miguel Angel Osorio Chong mengatakan melalui akun Twitter bahwa Koodinasi Perlindungan Sipil Nasional “terus memantau daerah tersebut”.

Luis Felipe Puente, Direktur lembaga itu, mengatakan sejauh ini belum ada laporan mengenai akibat dari gempa tersebut. “Baja California Sur, Sinaloa dan Sonora sejauh ini tak melaporkan kerusakan dan atau siaga tsunami,” ia menulis di Twitter, Minggu (20/10).

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS menyatakan berdasarkan data yang tersedia, tsunami yang menghancurkan diperkirakan tak terjadi di Pasifik.

Pada 21 Agustus, dua gempa dengan kekuatan 6,0 pada Skala Richter mengguncang Meksiko Selatan dan Tengah, dan mengakibatkan kerusakan besar. Satu gempa mengguncang Ibu Kota Meksiko, Mexico City, dan Kota Pelancongan Acapulco, sehingga membuat ratusan orang mengungsi. rmns/yus/aktual

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.