Tundukkan Timor Leste, Timnas U-19 ke Semifinal

Timnas Indonesia U-19.
Timnas Indonesia U-19.

Sidoarjo, FK –  Timnas Indonesia U-19 berhasil menaklukkan Timor Leste pada semi-final Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat (20/9). Bermain percaya diri sepanjang laga, Evan Dimas dkk menang 2-0.

Kemenangan itu membawa skuat Indra Sjafri ke final untuk menantang Vietnam yang di laga sebelumnya mengalahkan Laos 1-0. Partai itu akan jadi ulangan laga di penyisihan grup dimana Indonesia takluk 1-2.

Timnas Indonesia mengambil inisiatif serangan sejak awal. Memaksimalkan duet sayap Ilham Udin di kiri dan Maldini di kanan sejak kick off membuat permainan Indonesia lebih ofensif.

Menit ke-6 sempat terjadi kemelut di depan gawang Timor Leste. Serangan bertubi membuat sepak pojok pertama untuk timnas Indonesia pada menit ke-7. Sepak pojok yang diambil Evan Dimas mengarah tepat ke arah Ilham Udin. Sayang pencetak gol penyeimbang saat melawan Malaysia itu sundulannya hanya tipis di kiri gawang Augusto.

Ilham Udin akhirnya benar-benar mencatatkan namanya di papan skor dalam sebuah skema serangan balik. Berawal dari akselrasi Muchlis Hadi di sisi kanan, umpan datar di tiang jauhnya dikontrol sempurna oleh Ilham Udin. Dengan dua kali gocekan, sepakan keras kaki kirinya berhasil membuat Indonesia unggul sementara.

Di sisa waktu babak pertama, Indonesia memperoleh sejumlah peluang lagi di antaranya lewat Muchlis Hadi Ning Syaifulloh, Evan Dimas, dan Ilham Udin. Sayang, akibat kurang tenang tidak ada di antara peluang-peluang tersebut yang menjadi gol.

Sayang, di tengah tekanan bertubi-tubi ke gawang Timor Leste, Indonesia harus kehilangan kiper utama Ravi Murdianto akibat cedera mata. Ia pun harus digantikan oleh kiper cadangan Rully Destrian.

Di babak kedua, Indonesia menambah keunggulan menjadi 2-0 sepakan keras Hargianto dari luar kotak penalti berhasil membobol gawang Augusto pada menit ke-60. Setelah beberapa kali percobaan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, Hargianto yang bermain baik menjaga keseimbangan di lini tengah berhasil merobek gawang Timor Leste.

Timnas Indonesia meneruskan dominasi permainan di babak kedua. Namun banyak pemain Indonesia yang masih terlalu lama bermain dengan bola. Evan Dimas sempat mengancam gawang Timor Leste lewat tendangan keras pada awal babak kedua dari dalam kotak penalti. Sayang Augusto masih sigap memblok datangnya bola.

Pemain Timor Leste kewalahan menjaga sayap Indonesia yang cukup cepat. Gol Hargianto di awali akselerasi Maldini di sayap kanan. Mengandalkan skill individu, Maldini berhasil mengecoh beberapa pemain belakang Timor Leste.

rol/dhn

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.