Performa Menurun, Rijal/Debby Dipisah

Muhammad Rijal dan Debby Susanto. (alwaysbadminton)
Muhammad Rijal dan Debby Susanto. (alwaysbadminton)

Jakarta, FK – Pelatih Kepala Ganda Campuran PBSI, Richard Mainaky, memutuskan untuk memisahkan Muhammad Rijal/Debby Susanto untuk sementara waktu. Keputusan itu terpaksa dilakukan, karena permainan mereka cederung menurun.

Rijal/Debby, yang kini bertengger di rangking enam dunia, gagal mewujudkan misinya untuk mempertahankan gelar juara di Taipei Open Grand Prix Gold 2013 setelah terhenti di babak kedua.

Pasangan yang diunggulkan di tempat pertama ini secara mengejutkan dikalahkan oleh pasangan baru asal Korea, Lee Yong Dae/Shin Seung Chan, dengan skor 12-21, 21-15, 18-21.

“Mereka adalah anak didik yang kita latih setiap hari, saya tidak pernah melontarkan kalau hasilnya mengecewakan, anak didik saya bodoh, dan sebagainya. Tetapi penampilan mereka kurang maksimal dan hasilnya seperti ini,” terang Richard, dikutip laman resmi PBSI.

“Pasangan ini butuh perhatian khusus, kedepannya seperti apa? Apakah jangka panjangnya masih berpasangan? Atau hanya jangka pendek saja? Atau saya harus cepat cari penggant untuk Debby yang lebih muda?” sambungnya.

Meskipun demikian, Rijal/Debby merupakan salah satu andalan Indonesia untuk mendulang medali emas di ajang SEA Games 2013 di Myanmar. Jelang pesta olahraga se-Asia Tenggara tersebut, Rijal/Debby akan bercerai dan berpasangan dengan pasangan baru di sejumlah turnamen. Setelah itu, keduanya kembali akan berpasangan dan difokuskan kembali untuk SEA Games 2013.

“Setelah Indonesia GP Gold 2013, kita punya waktu untuk mencoba Rijal dan Debby dipasangkan dengan pemain lain yang lebih muda. Ini baik untuk mereka, supaya saat dipasangkan lagi mereka fresh. Sekarang kan seperti ada kejenuhan, sudah butek. Jelang SEA Games mereka akan dipasangkan kembali, menurut saya hasilnya akan beda,” jelas Richard.

Adapun beberapa turnamen yang disebutkan Richard dapat dijadikan sebagai ajang uji coba bagi Rijal dan Debby dengan pasangan baru mereka masing-masing adalah Bitburger SaarLoxLux Open, Korea Open Grand Prix Gold, Hong Kong Open Super Series, serta Macau Open Grand Prix Gold 2013.

Debby akan dipasangkan dengan Ronald Alexander, pemain ganda putra yang kini berpasangan dengan Selvanus Geh. Ronald sementara akan bermain rangkap di ganda putra dan ganda campuran. Sementara Richard masih belum dapat menyebutkan siapa yang akan menjadi partner Rijal.

“Debby akan dicoba dengan Ronald, sementara Rijal akan dicari pasangannya, kemungkinan dari tim ganda putri yang akan bermain rangkap. Namun saya belum berwenang untuk mengumumkan karena harus diskusikan dulu dengan tim ganda putri,” tambahnya.

 

pbsi

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.