Ketika Pemkab Gresik Membintek Blantik

Salah satu pasar hewan yang terdapat di Kota Gresik ( ForumKeadilan/ Mochamad Toha)
Salah satu pasar hewan yang terdapat di Kabupaten Gresik ( ForumKeadilan/ Mochamad Toha)

Gresik, FK –  Tahun ini Pemerintah membangun prasarana Pasar hewan Surowiti Panceng. Pembangunan Sarana prasarana  yang didanai oleh Pemerintah pusat tersebut meliputi Tempat Pemeriksaan Hewan, timbangan ternak, tempat parkir untuk bongkar muat ternak, toilet serta sarana perkantoran pasar ternak.

Mendengar kabar, terkait pembangunan Pasar Ternak tersebut, pengelola pasar ternak atau yang selama ini dikenal sebagai blantik ini mempertanyakan. Mereka yang sengaja diundang di Kantor Subdin Peternakan Gresik, Kamis (12/9). Dalam rangka  bimbingan teknis kepada sejumlah pengelola Pasar Hewan mengajukan beberapa pertanyaan.

Muslimin, Pengelola Pasar ternak Balongpanggang misalnya, ”Kenapa yang dibangun hanya pasar Ternak Panceng? Padahal pasar ternak Panceng tersebut sudah pernah mendapat bantuan,” katanya.

Sedangkan peserta yang lain yaitu Supardi asal Pasar ternak Dukun juga mempertanyakan akan perhatian Pemerintah kepada pasar ternak. ”Sampai saat ini perhatian Pemerintah kepada kami selaku pengelola pasar ternak sangat minim, dibanding perhatiannya kepada pasar yang lain,” ujarnya.

Mendapat tanggapan tersebut, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Sentot Supriyohadi melalui Kabag Humas Agus Setya Prambudi menjelaskannya. Terkait Pembangunan Pasar Ternak yang dibiayai APBN tahun Anggaran 2013 itu telah dilalui berdasarkan survey yang dilakukan oleh pihak pemberi bantuan.

“Ada syarat khusus untuk pemberian bantuan tersebut yaitu, Bangunan pasar harus berdiri ditanah Negara atau paling tidak status tanah tersebut merupakan Tanah Kas Desa (TKD),” jelasnya.

Terkait Bintek para pengelola Pasar Hewan tersebut, Sentot mengatakan,”Kami mempersiapkan para Pengelola Pasar ternak dalam menghadapi berbagai tantangan. Terutama dalam peningkatan nilai tambah, mutu dan daya saing hasil peternakan di pasar domestic maupun international. Kami memberikan contoh beberapa Pasar Ternak yang dikelola dengan manajemen baru yang lebih modern. Beberapa pasar ternak ini ada di Jawa Timur,” katanya.

Sementara Kasubdin Peternakan Nunung Dyah Sulistyawati mengatakan, Pasar Hewan yang ada di Gresik ada 4 lokasi masing-masing Pasar Hewan Kedungpring, Pasar Hewan Balongpanggang keduanya ada di Kecamatan Balongpanggang, Pasar Hewan Dukun dan Pasar Hewan Surowiti Panceng.

Untuk Pasar Hewan Surowiti Panceng seluas 5.800 m2 yang beraktifitas setiap hari Selasa ini memang tampak paling ramai. Sirkulasi Hewan ternak di tempat ini ada sekitar 350 ekor setiap pasaran.  Baik itu
hewan sapi maupun kambing.

mochamad toha

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.