Hakim Menjatuhkan Hukuman Mati ke Empat Terdakwa Kasus Perkosaan Mahasiswi

Protes kasus Pemerkosaan di India.
Protes kasus Pemerkosaan di India.

New Delhi – Hakim yang menangani kasus pemerkosaan beramai-ramai yang menimpa seorang mahasiswi di New Delhi pada Desember 2012, menjatuhkan hukuman mati kepada empat terdakwa pelaku pemerkosaan.’

Hakim Yogesh Khanna mengatakan, kasus pemerkosaan ini masuk katagori “paling langka” yang mengharuskan dia menjatuhkan hukuman mati.

“Saat ini ketika kejahatan terhadap perempuan meningkat, pengadilan tak bisa menutup mata terhadap kejahatan mengerikan ini,” kata hakim Yogesh Khanna saat membacakan vonis.

Salah seorang terdakwa, Vinay Sharma, langsung menangis histeris saat mendengar vonis hukuman mati ini.

Begitu kabar vonis hukuman mati ini diketahui, massa yang berkumpul di luar gedung pengadilan langsung bersorak gembira dan memuji keputusan hakim.

Sebelumnya, pengadilan memutuskan bahwa Akshay Thakur, Pawan Gupta, Vinay Sharma, dan Mukesh Singh dinyatakan bersalah memperkosa mahasiswi berusia 23 tahun pada 16 Desember 2012.

Sebagian besar warga India telah mendesak pengadilan untuk menjatuhkan hukuman mati kepada keempat terdakwa ini karena kejahatannya yang luar biasa.

“Kami memohon pengadilan agar memberikan keadilan untuk putri kami,” ujar ibu mahasiswa korban pemerkosaan itu.

India sebenarnya sudah melakukan moratorium hukuman mati selama delapan tahun terakhir. Pada November tahun lalu, untuk akhirnya India kembali menjatuhkan hukuman mati terhadap satu-satunya terdakwa serangan teroris Mumbai 2008 yang masih hidup.

 

afp/dhn

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.