Kubu PM Hun Sen Klaim Telah Menangkan Pemilu Kamboja

PM Hun Sen. (Foto: telegraph)
PM Hun Sen. (Foto: telegraph)

Phnom Penh, FK – Perdana Menteri Kamboja saat ini, Hun Sen mengklaim bahwa partai pimpinannya, Partai Rakyat Kamboja (CPP), meraih kemenangan dalam pemilu hari Minggu (28/7) lalu. Kendati demikian, partainya diperkirakan akan kehilangan banyak kursi di parlemen.

CPP memberikan pernyataan bahwa mereka telah meraih paling sedikit 68 kursi, dibandingkan dengan 55 kursi yang diraih oposisi utama Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP). Ketika penghitungan suara masih berjalan, Menteri Informasi Kamboja melalui akun Facebook-nya menuliskan klaim kemenangan untuk kali pertama, dan tidak lama kemudian dikukuhkan Sekretaris Negara dan jubir pemerintah, Siphan Phay.

Siphan mengungkapkan jika hasil tersebut fair dan oposisi utama Partai Penyelamatan Nasional Kamboja sebaiknya menerimanya. Menurutnya, Komisi Pemilu Nasional diperkirakan akan mengumumkan hasil resmi dalam 72 jam. Sementara pemungutan suara dilaporkan berjalan relatif tertib.

Akan tetapi, sempat terjadi satu insiden dalam penghitungan suara di sebuah TPS di Phnom Penh, ketika para pemrotes bentrok dengan polisi dan menggulingkan beberapa mobil, setelah ada keluhan bahwa sejumlah orang dilarang memberikan suara.

Para pemrotes di Kamboja menggulingkan mobil. (Foto: telegraph)
Para pemrotes di Kamboja menggulingkan mobil. (Foto: telegraph)

CPP menguasai 90 kursi parlemen sebelumnya, sehingga jika hasil tadi disahkan berarti partai berkuasa itu akan kehilangan lebih dari 20 kursi.

Untuk diketahui, PM Hun Sen, yang merupakan seorang mantan tentara Khmer Merah, sudah berkuasa selama 28 tahun. Oposisi menuding terdapat kecurangan, termasuk sejumlah nama pemilih yang hilang. Ribuan orang yang datang ke TPS mendapati ada orang lain yang sudah menggunakan kertas suara mereka.

Kelompok-kelompok HAM menyatakan keprihatinan bahwa tinta yang digunakan untuk menandai pemilih ternyata mudah dihapus. Namun, Komisi Pemilu Nasional membantah terjadinya kecurangan. -abc/blc-

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.