KPK IKLAN

Kementan Lakukan Pelepasan Rumpun Kuda Pacu

Menteri Pertanian Suswono melihat parade Kuda Pacu Indonesia di Peternakan dan Pacuan kuda Pamulang, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (24/7). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)
Menteri Pertanian Suswono melihat parade Kuda Pacu Indonesia di Peternakan dan Pacuan kuda Pamulang, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (24/7). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Jakarta, FK – Setelah melalui proses selama 38 tahun akhirnya Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan pelepasan Rumpun Kuda Pacu Indonesia melalui Keputusan Menteri Pertanian No 4468/Kpts/SR.120/7/2013.

Pelepasan Rumpun Kuda Pacu Indonesia tersebut dilakukan oleh Menteri Pertanian Suswono dengan penyerahan SK Mentan tentang Pelepasan Rumpun Kuda Pacu Indonesia (KPI) kepada Ketua Komisi Peternakan dan Kesehatan Hewan PP Pordasi (Persatuan Olah Raga Berkuda Indonesia) Soehadji di Peternakan Kuda Pamulang Tangerang Selatan, Banten, Rabu (25/7).

“Ini merupakan prestasi yang membanggakan, pemerintah sangat mengapresiasi. Ini Karya anak bangsa yang pertama kali dihasilkan di bidang pemuliaan ternak,” katanya.

Suswono menyatakan, melalui pelepasan Rumpun Kuda Pacu Indonesia merupakan bukti baru bidang peternakan bahwa bangsa Indonesia mampu menghasilkan ternak bibit.

Menurut dia, KPI di masa mendatang dapat dijadikan sebagai inspirasi dan motivasi oleh para pemulia ternak lainnya seperti sapi potong, guna menjadikan bangsa Indonesia lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan ternaknya.

Mentan menyatakan, kegiatan pemuliaan hingga menghasilkan bibit yang benar-benar berkualitas memerlukan kesabaran karena memerlukan waktu bertahun-tahun bahkan hingga ratusan tahun.

“Sering kali kita ingin praktisnya saja dengan mengimpor. Oleh karena itu kegiatan pemuliaan ini harus diapresiasi apalagi ada plasma nutfah asli Indonesia yakni kuda Sumba,” katanya.

Pada acara yang juga dihadiri Menteri Pertanian periode 2004-2009 Anton Apriyantono serta Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Syukur Iwantoro tersebut, Mentan Suswono menyaksikan peragaan kuda-kuda pacu Indonesia hasil pemuliaan itu.

Ant/Fk/Am

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.