Hasil Rapat Tertutup Timwas Century Dengan KPK

Gedung Parlemen Senayan. (FK/Arief Manurung)
Gedung Parlemen Senayan. (FK/Arief Manurung)

Jakarta, FK – Berikut Hasil Rapat Tertutup Timwas Century DPR dengan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (10/7).

Menurut Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung Wibowo, telah ada kemajuan dalam penanganan dan upaya penuntasakan kasus hukum Century oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK. Sehingga, diharapkan sebelum masa tugas DPR saat ini berakhir, kasus Century dapat dituntaskan.

Kata Pramono, dalam rapat tertutup tersebut, Ketua KPK Abraham Samad menjelaskan KPK telah menetapkan dua tersangka dalam kasus Century ini. Kedua tersangka yang ditetapkan itu bukan karena gratifikasi, tetapi terkait dugaan korupsi dalam kasus bailout Bank Century.

“Kami tidak bisa menyebutkan nama dua orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus Century ini. Tetapi kami tentu mengapresiasinya. Karena KPK dalam kasus ini telah menunjukkan keseriusannya untuk tangani dan selesaikan kasus ini,” ujar Pramono seusai memimpin rapat Timwas Century.

Karenanya, kata Pramono, DPR memberikan dukungan sepenuhnya pada KPK untuk menuntaskan kasus Century. “Tetapi, yang jelas dua orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam perkara Century ini berasal dari lingkungan BI yaitu pengalahgunaan wewenang dalam kasus FPJP Century dan memberikan data yang tidak akurat,” jelasnya.

Kata Pramono, secara prinsip apa yang menjadi temuan-temuan KPK itu sudah pernah disampaikan. Tetapi proses di KPK sendiri masih memerlukan waktu. Sehingga penuntasan kasus Century ini sangat tergantung dari KPK sendiri. “Tetapi tadi KPK sudah mengindikasikan dua hal yaitu dalam kasus Century ini ditemukan indikasi pelanggaran hukum berupa tindak pidana korupsi dan ada pemberian data yang tidak akurat. Sehingga menyebabkan pengambilan keputusan yang salah,” ujarnya.

Sementara, saat dikonfirmasi mengenai dua orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Century ini, Ketua KPK Abraham Samad mengatakan yang dimaksud dua tersangka itu, sebagaimana selama ini KPK sebutkan yaitu Siti Fadjrijah dan Budi Mulya. “Dua tersangka dalam kasus Century yang telah ditetapkan KPK itu sebagaimana yang selama ini telah KPK sampaikan,” ujar Samad sesaat sebelum meninggalkan Gedung Parlemen Senayan, Jakarta.

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.